Comscore Tracker

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera, Wagub DKI: Tingkatkan Nasionalisme

Kemendagri sambut positif antusiasme Pemprov DKI Jakarta

Jakarta, IDN Times – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, memimpin apel Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022). Dalam kesempatan itu, Riza berharap agar kegiatan tersebut dapat meningkatkan semangat nasionalisme.

Dalam apel yang dihadiri jajaran Pemprov DKI Jakarta itu, Ahmad Riza, menyerahkan bendera merah putih secara simbolis kepada Resimen Mahasiswa Jayakarta, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi DKI Jakarta, dan perwakilan organisasi masyarakat.

Baca Juga: Kemendagri Buat Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih, Ini Maknanya!

1. Sebagai gerakan menjaga berbagai perbedaan di Indonesia

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera, Wagub DKI: Tingkatkan NasionalismeApel Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022). (Dok. Kemendagri).

Riza mengatakan, kegiatan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih bertujuan meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme dalam rangka menjaga berbagai perbedaan di Tanah Air.

"Kita punya perbedaan suku, bangsa, bahasa, agama, adat istidat. Tapi itu sebuah anugerah, kekuatan yang harus kita jaga dan rawat. Landasan kita adalah persatuan, persaudaraan. Apel ini memastikan kita semua kompak dan bersatu untuk kompak melawan ancaman dan menghadapi tantangan untuk memajukan bangsa," kata Riza.

Baca Juga: HUT ke-77 RI, Kemendagri-Pemda Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih

2. Kemendagri sambut positif antusiasme Pemprov DKI Jakarta

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera, Wagub DKI: Tingkatkan NasionalismeDok. Kemendagri

Sementara itu,Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar, menyambut positif antusiasme Pemprov DKI Jakarta dalam menyukseskan kegiatan tersebut. Menurutnya, gerakan tersebut menjadi upaya dalam meningkatkan nilai nasionalisme.

"Terima kasih kepada masyarakat DKI Jakarta yang telah mendukung gerakan ini. Semoga gerakan ini dapat semakin menebalkan nilai nasionalisme dan merekatkan bangsa ini," kata dia.

Apalagi, kata dia, merah putih merupakan simbol dan pertanda negara merdeka serta berdaulat.

"Di antara banyak bendera, ada satu bendera yang kita sucikan dan sakralkan, di situlah kesamaan kita sebagai bangsa," kata Bahtiar.

Baca Juga: Pembagian 10 Juta Bendera di Merauke, Mendagri Ungkap Spirit DOB Papua

3. Mendagri canangkan pembagian 10 juta bendera selama Agustus 2022

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera, Wagub DKI: Tingkatkan NasionalismeDok. Kemendagri

Sebelumnya, Kemendagri mencanangkan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendara Merah Putih dari Sabang sampai Merauke selama Agustus 2022. Gerakan pembagian simbol negara ini untuk membangkitkan semangat nasionalisme rakyat Indonesia di seluruh pelosok Tanah Air, dalam rangka merayakan HUT ke-77 RI.

Bahtiar mengatakan, Gerakan Pembagian 10 Juta Bendara Merah Putih secara serentak dilakukan selama satu bulan penuh mulai 1 hingga 31 Agustus 2022, dari Sabang sampai Merauke.

Gerakan tersebut sudah diinstrusikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian, kepada seluruh kepala daerah di berbagai tingkatan.

"Gerakan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Menteri Dalam Negeri sudah menginstruksikan seluruh Gubernur, Wali Kota, Bupati untuk memulai gerakan ini sebagai simbolik, meluas di seluruh Indonesia," kata Bahtiar saat menjadi narasumber webinar Partai Perindo bertajuk Penguatan Nasionalisme Menuju Kebangkitan Indonesia, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga: Mendagri Tito Karnavian Tancapkan Bendera Merah Putih di Papua

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya