Comscore Tracker

Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Wilayah Jakarta, Senin 18 April 2022

Imsak hari ke-16 Ramadan di wilayah DKI pukul 04.28 WIB

Jakarta, IDN Times – Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah, segala amal kebaikan kita akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan terbukanya segala pintu doa. Memasuki Senin 18 April 2022, puasa Ramadan 1443 Hijriah terhitung masuk hari ke-16.

Ramadan merupakan bulan ke sembilan dalam kalender Islam dan di bulan ini seluruh umat Muslim di dunia berpuasa. Perintah berpuasa ini telah dijelaskan dalam surah Al-Baqarah ayat 183.

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS Al Baqarah: 183).

Baca Juga: Hamil Tapi Pengin Berpuasa, Ini Tipsnya! 

1. Waktu Imsak dan jadwal salat untuk daerah Jakarta dan sekitarnya

Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Wilayah Jakarta, Senin 18 April 2022Ilustrasi salat berjemaah. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Berdasarkan jadwal Imsakiyah Ramadan untuk daerah Jakarta dan sekitarnya yang dikeluarkan Kementerian Agama, pada hari ke-16 Ramadan waktu Imsak jatuh pada pukul 04.28 WIB. Selang 10 menit azan subuh berkumandang, pukul 04.38 WIB.

Berikut jadwal salat untuk daerah Jakarta dan sekitarnya, Senin (18/4/2022) atau hari ke-16 Ramadan 1443 H:

Subuh pada pukul 04.38 WIB

Dzuhur pada pukul 11.56 WIB

Ashar pada pukul 15.14 WIB

Magrib pada pukul 17.54 WIB

Isya pada pukul 19.04 WIB

2. Doa niat puasa Ramadan dan artinya

Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Wilayah Jakarta, Senin 18 April 2022Ilustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Sebelum berpuasa, niat merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan. Niat puasa bisa kamu baca pada malam sebelum puasa keesokan harinya, atau paling telat sebelum waktu imsak.

Berikut doa niat puasa Ramadan seperti dilansir dari laman NU Online:

“Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa i fardhi syahri Ramadhaana haadzihis sanati lillaahi ta’aalaa”

Artinya: Aku berniat puasa esok hari demi menunaikan kewajiban bulan Ramadan tahun ini karena Allah ta’ala.

3. Jadwal dan doa buka puasa

Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Wilayah Jakarta, Senin 18 April 2022ilustrasi berbuka puasa (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebagian besar umat Muslim pastinya menyimpan masing-masing jadwal buka puasa sebagai pengingat waktu berbuka. Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan Kementerian Agama, pada hari ke-16 Ramadan waktu berbuka puasa untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya yaitu pada pukul 17.54 WIB.

Berikut doa berbuka puasa:

“Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin”

Artinya: Ya Allah karena-Mu, dengan-Mu aku beriman, dan hanya kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka, atas segala rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

4. Pandai mengatur waktu dan kegiatan di bulan Ramadan

Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Wilayah Jakarta, Senin 18 April 2022Ilustrasi Al-Qur'an dan Buku Yasin (IDN Times/Besse Fadhilah)

Waktu kita di bulan Ramadan akan terbuang sia-sia jika kita tidak pandai mengatur kegiatan. Hendaknya seorang Muslim mengatur jadwal kegiatan untuk hari pertama hingga berakhirnya bulan Ramadan. Sejatinya kita harus pandai memanfaatkan setiap detik di bulan yang mulia ini.

Misalnya, mengkhatamkan Al-Qur'an tiga kali di bulan Ramadan dengan membaca tiga juz Al-Qur'an setiap harinya, melaksanakan salat sunah seperti salat Dhuha, Tahajud, dan Witir.

Keutamaan membaca Al-Quran sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al-Baqarah ayat 185 yang artinya:

“Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).”

Baca Juga: Doa Saat Interview Kerja atau Sidang Akhir agar Tenang dan Lancar  

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya