Jelang Lebaran 2022, Hutama Karya Buka 2 Ruas Tol Trans Sumatra 

Fungsional kedua ruas tol buka H-7 dan H+7 arus mudik

Jakarta, IDN Times – Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), PT Hutama Karya (Persero) siap menghadapi mudik Lebaran 2022 dengan membuka secara fungsional dua ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Direktur Operasi III, Hutama Karya, Koentjoro menyampaikan fungsional kedua ruas tol tersebut dilakukan, untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi para pemudik di tahun ini.

“Sesuai arahan kementerian PUPR dalam mendukung arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 2022, kami mengoptimalkan pelayanan di ruas-ruas yang telah beroperasi secara penuh dan di tahun ini kami akan membuka secara fungsional dua ruas baru di Jalan Tol Trams Sumatra yakni Tol Pekanbaru-Bangkinang dan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, kata Koentjoro dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (25/4/2022).

Baca Juga: Arus Mudik Mulai Ramai, Pelabuhan Merak Seberangkan 21.860 Penumpang

1. Dua ruas tol sudah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF)

Jelang Lebaran 2022, Hutama Karya Buka 2 Ruas Tol Trans Sumatra Ilustrasi jalan tol (IDN Times/Sunariyah)

Sebelumnya, sudah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 13-14 April 2022 di Tol Bengkulu – Taba Penanjung, dan peninjauan langsung oleh konsultan PMO untuk Tol Pekanbaru – Bangkinang sebagai persiapan perusahaan secara fungsional dua ruas tol tersebut.

“Tak hanya persiapan secara fisik di lapangan, kami juga terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti BPJT, Bina Marga, Korlantas, BBPJN dan instansi lainnya. Kami berharap dengan dibukanya Tol Pekanbaru – Bangkinang dan Tol Bengkulu – Taba Penanjung secara fungsional dapat berdampak signifikan bagi para pemudik khususnya di wilayah sekitar Bengkulu dan Riau,” jelas Koentjoro.

2. Fungsional kedua ruas tol dibuka H-7 dan H+7 arus mudik Lebaran 2022

Jelang Lebaran 2022, Hutama Karya Buka 2 Ruas Tol Trans Sumatra Ilustrasi Mudik Lebaran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebagai upaya mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2022, Hutama Karya akan membuka secara fungsional Ruas Pekanbaru – Pangkalan seksi Pekanbaru – Bangkinang sepanjang 31 km dan Ruas Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu seksi Bengkulu – Taba Penanjung sepanjang 17,6 km.

Fungsional kedua ruas tol tersebut akan dibuka pada arus mudik H-7 (26 April 2022) dan arus mudik H+7 (9 Mei 2022). Jam operasional Tol Pekanbaru – Bangkinang mulai pukul 08.00-16.00 WIB dan Tol Bengkulu – Taba Penanjung mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Lajur yang dibuka untuk fungsional yaitu satu arah dan kedua ruas tol tersebut diperuntukkan khusus kendaraan kecil (Golongan I).

Baca Juga: Mau Mudik? Tiket KA Mudik dari Gambir dan Pasar Senen Masih Tersedia 

3. Pengguna jalan tetap lakukan tapping dan memperhatikan kecepatan maksimum

Jelang Lebaran 2022, Hutama Karya Buka 2 Ruas Tol Trans Sumatra Jalan tol Banda Aceh-Sigli,Gerbang Tol Blang Bintang (IDN Times/Saifullah)

Mengingat kedua ruas tol belum diberlakukan tarif, Hutama Karya mengimbau seluruh pengguna jalan untuk mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol. Para pengguna jalan harus tetap melakukan tapping dengan kartu elektronik agar dapat melintas di ruas tol tersebut. Satu kartu hanya dapat digunakan untuk 1 kendaraan.

Selain itu, Hutama Karya juga mengimbau pengguna jalan untuk memperhatikan kecepatan maksimum kendaraan di ruas tol fungsional yakni 60km/jam, mengecek kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan kondisi prima, tidak mengemudi dalam keeadaan mengantuk, dan selalu mengutamakan keselamatan.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya