Jelang Puncak Haji, Pemerintah Tingkatkan Bimbingan Ibadah Jemaah

Disampaikan juga ruhshah atau keringanan hukum ibadah haji

Jakarta, IDN Times - Pemerintah mengadakan pemantapan manasik dan bimbingan ibadah, menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji. Pemantapan ini menjadi perhatian khusus pemerintah yang dilakukan setiap hari di tempat akomodasi atau hotel jemaah.

Hal itu diungkapkan Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, Kementerian Agama, Wawan Djunaedi, saat Konferensi Pers di Media Center Haji, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

"Pemerintah melalui petugas bimbingan ibadah dan konsultan ibadah melakukan program pemantapan manasik setiap hari, di tempat akomodasi atau hotel jemaah," kata Wawan.

"Layanan ini untuk mengingatkan, me-review, dan memastikan jemaah telah paham rukun, wajib dan hal-hal lainnya yang diatur dalam ketentuan manasik," imbuhnya.

Baca Juga: Keren! Rompi Penurun Panas Carbon Cool Diuji Coba untuk Jemaah Haji

1. Menyampaikan ruhshah atau keringanan hukum dalam ibadah haji

Jelang Puncak Haji, Pemerintah Tingkatkan Bimbingan Ibadah JemaahKelompok pertama jemaah haji melakukan tawaf pada rangkaian ibadah haji di Makkah, Arab Saudi (17/7/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Saudi Ministry of Media/Handout via REUTERS/aww.)

Wawan menjelaskan, pelaksanaan manasik ini menyampaikan ruhshah atau keringanan hukum dalam ibadah haji.

Jemaah perlu memahami jika dalam kondisi lemah dan sakit, maka tetap bisa melaksanakan haji sesuai syariat dan hakikat, sehingga ibadah haji mereka sah, sempurna, dan mabrur.

"Pemerintah mengimbau, seluruh jemaah untuk mengikutinya dengan seksama. Bertanya dan berkonsultasi jika belum paham, dan jemaah lebih mengedepankan nilai ibadah, makna dan hikmah dari rangkaian ibadah haji," kata Wawan.

2. Peduli terhadap perlindungan jemaah haji

Jelang Puncak Haji, Pemerintah Tingkatkan Bimbingan Ibadah JemaahIlustrasi. Jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Wawan mengajak tim jemaah haji untuk saling bahu membahu bersama pemerintah dalam memberikan pembinaan, pelayanan, dan pelindungan terbaik kepada jemaah calon haji. 

"Semoga penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dapat berjalan dengan lancar, dan jemaah dapat beribadah dengan aman dan nyaman," ujar dia. 

Baca Juga: 3.407 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Tanah Suci, 18 Orang Wafat

3. Sebanyak 84.889 jemaah haji Indonesia sudah diberangkatkan ke Tanah Suci

Jelang Puncak Haji, Pemerintah Tingkatkan Bimbingan Ibadah JemaahSuasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Wawan menyebutkan, sebanyak 84.889 jemaah calon haji asal Indonesia telah diberangkatkan ke Tanah Suci memasuki hari ke-28 operasional keberangkatan jemaah haji 1443H/2022M. 

"Sampai hari ini, total jemaah haji yang telah diberangkatkan ke tanah suci sebanyak 84.889 orang. Sementara, jemaah haji khusus yang telah tiba di Tanah Suci sampai hari ini 3.407 orang," ujar dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya