Comscore Tracker

Keren! 2 Mobil Multiguna Ini Pernah Buat Lahiran dan Bencana Palu

Mobil jenis ambulans dan penjernih air

Jakarta, IDN Times - Mobil multiguna pedesaan karya anak negeri tampil di panggung Rumah Resiliensi Indonesia (RR-I), dengan menghadirkan dua unit mobil jenis ambulans dan penjernih air. 

Dua mobil bernama Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) Penjernih Air dan AMMDes Ambulance Feeder, besutan Kreasi Mandiri Wintor (KMW) Indonesia ini, merupakan hasil terampil anak-anak Indonesia dari pabrik pembuatannya di Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

Mobil ini berkapasitas dua orang penumpang dan dibekali dengan mesin diesel 650cc, kekuatan 14 tenaga kuda (horse power), dan berbahan bakar solar dengan konsumsi bahan bakar 1 liter untuk pemakaian selama 2 jam.

1. Fungsi Mobil AMMDes Penjernih Air

Keren! 2 Mobil Multiguna Ini Pernah Buat Lahiran dan Bencana PaluMobil AMMDes Penjernih Air mampu menjernihkan air yang bersumber dari sungai, sumur atau danau. (Dok. BNPB).

Mobil AMMDes Penjernih Air mampu menjernihkan air yang bersumber dari sungai, sumur, atau danau. Kapasitas kemampuan mobil ini dapat menjernihkan air hingga 600 liter per jam untuk air bersih dan 280 liter per jam untuk air minum layak konsumsi.

Selain berfungsi sebagai penjernih air, mobil ini juga dapat berfungsi sebagai genset pembangkit listrik dengan daya hingga 800 watt. Ketika mesin dihidupkan, maka alat penjernih air dan genset pembangkit listrik bekerja secara bersamaan.

2. Peran penting Mobil AMMDes Ambulance Feeder

Keren! 2 Mobil Multiguna Ini Pernah Buat Lahiran dan Bencana PaluMobil AMMDes Ambulance Feeder memiliki peran penting dalam kedaruratan di wilayah pedesaan atau lokasi tertentu. (dok. BNPB).

Mobil AMMDes Ambulance Feeder memiliki peran penting dalam kedaruratan di wilayah pedesaan atau lokasi tertentu. Dari segi mesin, mobil ini memiliki spesifikasi yang sama dengan AMMDes Penjernih Air.

Mobil AMMDes Ambulance Feeder atau ambulans pengumpan ini juga memiliki peran utama dalam mengangkut kelompok rentan, atau terdampak bencana dari desa yang sulit diakses menuju fasilitas kesehatan terdekat. Mobil ini dilengkapi dengan tandu roda, oksigen, kursi bidan desa untuk dua penumpang, boks bayi, lampu penghangat bayi, intercom untuk komunikasi dengan sopir, kipas angin sirkulasi, dan lampu penerangan khusus.

3. Mobil AMMDes Penjernih Air pernah debut di Gempa Palu, Sigi, dan Donggala

Keren! 2 Mobil Multiguna Ini Pernah Buat Lahiran dan Bencana PaluDok. BNPB

Dalam debutnya, mobil AMMDes Penjernih Air ini pernah digunakan pada masa tanggap darurat bencana gempabumi, tsunami, dan likuifaksi di Palu, Sigi, dan Donggala pada 2018. Sebanyak lima unit mobil penjernih air diterbangkan ke Sulawesi Tengah untuk membantu menyediakan pasokan air bersih, sekaligus air minum bagi para warga terdampak bencana yang menewaskan hingga 2.045 jiwa.

Selain itu, saat medan yang berat pascabencana sekalipun, mobil ini terbukti dapat menjangkau wilayah-wilayah yang tidak mampu ditembus jenis kendaraan roda empat lainnya. Sehingga mobil ini layak digunakan pada situasi darurat bencana atau kebutuhan lain di pedesaan maupun wilayah tertentu.

Baca Juga: BNPB Hadirkan Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana di Panggung RR-I

4. Mobil AMMDes Ambulance Feeder pernah menjadi ruang bersalin darurat Suku Baduy

Keren! 2 Mobil Multiguna Ini Pernah Buat Lahiran dan Bencana PaluDok. BNPB

Mobil AMMDes Ambulance Feeder atau ambulans pengumpan ini tercatat pernah digunakan sebagai ‘ruang bersalin’ darurat bagi warga Suku Baduy di Lebak pada 2019 dan 2020.

Seorang bayi laki-laki Ahmad Deswanto dan bayi perempuan Amanda Deswita dilahirkan di dalam mobil ambulans pengumpan ini. Pada saat itu, sudah tidak ada waktu lagi bagi para ibu untuk mencapai tempat persalinan terdekat.

Sebelum ada AMMDes Ambulance Feeder, warga Suku Baduy dan sekitarnya harus dibawa menggunakan tandu darurat untuk mencapai tempat fasilitas kesehatan. Setelah kehadiran mobil ambulans pengumpan itu, maka kegiatan evakuasi dan penyelamatan warga desa menjadi lebih mudah, cepat dan lebih efisien.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya