Comscore Tracker

KPU-Kominfo Bahas Kesiapan Infrastruktur demi Sukseskan Pemilu 2024

Pertemuan bagian kerja sama saling beri dukungan

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menemui Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate di Gedung Kominfo. Pertemuan itu dalam rangka kerja sama untuk saling memberi dukungan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Hal itu diungkapkan Johnny G. Plate kepada wartawan di Gedung Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (6/7/2022).

"Hari ini, Ketua KPU RI dan komisioner KPU datang ketemu saya, audiensi dalam rangka kerja sama koordinasi dan saling memberikan dukungan untuk penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) legislatif pilpres dan pilkada 2024," kata Jhonny G. Plate.

1. Membahas akses dan kesiapan infrastruktur pelaksanaan Pemilu 2024

KPU-Kominfo Bahas Kesiapan Infrastruktur demi Sukseskan Pemilu 2024Ketua KPU RI Ilham Saputra melakukan simulasi pencoblosan untuk Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (22/3/2022). Rencananya, surat suara untuk Pemilu 2024 hanya berjumlah dua surat suara. (IDN Times/Melani)

Johnny mengungkapkan, salah satu pembahasan dalam pertemuan itu terkait tugas pokok dan fungsi Kominfo, di antaranya akses dan kesiapan infrastruktur dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

"Secara teknis tim Kominfo dan KPU sebetulnya sudah berkoordinasi dan sudah bekerja bersama-sama. Namun, hari ini pimpinan lembaga baik Kominfo maupun KPU RI memberi komitmen bersama untuk saling memberikan dukungan," ungkap Jhonny G. Plate.

"Kominfo memberikan dukungan terkait tugas pokok dan fungsi Kominfo, di antaranya akses dan kesiapan infrastruktur hulu teknologi informasi dan komunikasi, akses dan ketersediaan infrastruktur hilir seperti pusat data teknologi informasi dan komunikasi, dan aspek hilir digital seperti membantu menjaga dan merawat aplikasi-aplikasi yang ada di KPU dan pemanfaatannya untuk bersama-sama menjaga terhadap serangan-serangan siber," tambahnya. 

Baca Juga: PBB Pertanyakan Konsep Berkelanjutan Sipol Pemilu 2024

2. Adanya tambahan jumlah penduduk dan pemekaran wilayah

KPU-Kominfo Bahas Kesiapan Infrastruktur demi Sukseskan Pemilu 2024Ketua umum Tim Pemekaran Kecamatan, Ahmad Rivai saat memberikan penjelasan manfaat pemekaran kecamatan ke peserta sosialisasi (IDN Times/Ervan)

lebih lanjut lagi, Jhonny mengatakan, pertemuan itu juga mendiskusikan penyelenggaraan sirkulasi demokrasi, yaitu tempat pemungkutan suara. Ia menyebut, adanya tambahan jumlah penduduk, pemekaran wilayah, harus didukung dengan ketersediaan jaringan telekomunikasi.

"Tadi kami juga mendiskusikan yang sangat spesifik dan teknis yang berkaitan dengan titik terdepan penyelenggaraan sirkulasi demokrasi, yaitu tempat pemungkutan suara. Karena terdapat tambahan jumlah penduduk, pemekaran wilayah, dan berdasarkan pengalaman sebelumnya kecepatan pencoblosan di ruang TPS, maka terdapat penambahan jumlah TPS," ujar Johnny.

"Karena ada penambahan dan sebarannya semakin luas, tentu ini berhubungan juga dengan ketersediaan jaringan telekomunikasi," sambungnya. 

Baca Juga: Survei: Mayoritas Publik Tak Setuju Pemilu Ditunda, Siap Pemilu 2024 

3. KPU butuh dukungan berbagai pihak untuk sukseskan Pemilu 2024

KPU-Kominfo Bahas Kesiapan Infrastruktur demi Sukseskan Pemilu 2024Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengaku, kunjungannya ke Menkominfo dalam rangka untuk bantuan pada pemerintah terkait dukungan kepemiluan sesuai dengan bidang tugasnya. 

"Kebetulan karena kementerian Kominfo itu saya kira kita tahu semua ya ruang lingkup wilayah tugas dan wewenang, sehingga kami memohon bantuan terkait dengan itu," tutur Hasyim.

Adapu kata dia, salah satu misi KPU yaitu menyelenggarakan pemilu, di antaranya meningkatkan layanan kepemiluan dengan teknologi informasi.

"Sehingga kami menyadari KPU tidak bisa bekerja sendirian di antara mitra kerja KPU itu hal yang satu ini, yaitu layanan kepemiluan berbasis teknologi informasi adalah kementrian komunikasi dan informatika," jelasnya.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya