Luar Biasa! Lukisan Ma'ruf Amin Laku Rp1,5 Miliar

Kemeriahan pameran dikaitkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan

Jakarta, IDN Times - Lukisan yang menggambarkan potret diri Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin laku terjual Rp1,5 miliar. Lukisan tersebut diketahui merupakan karya seniman Firdaus Alamhudi yang dilelang saat pagelaran lukisan bertema Nuansa Kemerdekaan di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (22/8/2022).

Wapres Ma'ruf Amin pun mengapresiasi karya seni lukisan tersebut, dan berharap seniman-seniman Indonesia terus memberi inspirasi dari tokoh nasional dan kekayaan alam Indonesia.

"Saya berharap bahwa pameran seperti ini rutin dilakukan dan karya-karya seni yang banyak memberikan inspirasi baik dari kekayaan alam Indonesia serta dari tokoh-tokoh nasional dari masa ke masa terus dilakukan," kata Ma'ruf Amin saat menghadiri pembukaan pameran lukisan Firdaus Alamhudi bertajuk 'Nuansa Kemerdekaan' di Jakarta, Senin (22/8/2022).

1. Pemenang lelang adalah Jery Borneo dan istrinya Natasha Vinski

Luar Biasa! Lukisan Ma'ruf Amin Laku Rp1,5 MiliarWakil Presiden Ma'ruf Amin membuka pameran lukisan karya pelukis Firdaus Alamhudi bertajuk "Nuansa Kemerdekaan" di Jakarta, Senin (22/8/2022) (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

Pemenang lelang lukisan potret diri Ma'ruf Amin berukuran 122x90 cm di media mixed bulu ayam itu adalah pasangan Jery Borneo dan Natasha Vinski. Jery dan Natasha memenangkan lelang lukisan yang dibuka dengan harga Rp777 juta.

Sebagian hasil penjualan lukisan wajah Ma'ruf Amin mengenakan sorban putih dan kopiah hitam berlatar belakang merah putih itu rencananya akan digunakan untuk membantu pembangunan Masjid Al Jihad Shalahuddin Al Ayyubi di Jakarta Utara dan Pondok Pesantren Syech Nawawi Al Bantani di Banten.

"Kami sangat bahagia hari ini karena kami menang lelang, karena pastinya kami sangat respect dengan Pak Ma'ruf Amin dan kami juga senang bahwa sebagian uangnya akan digunakan untuk membangun masjid dan pesantren. Jadi, itu juga merupakan sesuatu yang penting bagi kami," ungkap Natasha dilansir ANTARA. 

2. Kemeriahan pameran dikaitkan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan

Luar Biasa! Lukisan Ma'ruf Amin Laku Rp1,5 MiliarMenyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI ke -76, Bank Mandiri memberikan apresiasi berupa tabungan serta kartu Mandiri e-money edisi khusus Kemerdekaan RI kepada seluruh anggota Paskibraka Nasional 2021, termasuk tim pelatih dan pembina. Tak hanya itu, Bank Mandiri secara terpisah juga memberikan apresiasi berupa 2.400 paket sembako kepada veteran pejuang RI yang tersebar di 12 kota di 9 provinsi di Indonesia.

Selain gambar diri Ma'ruf Amin, berbagai karya seni lukis yang ditampilkan di pameran "Nuansa Kemerdekaan" itu antara lain potret diri Presiden Joko Widodo, Presiden ke-3 RI B.J. Habibie, Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Kebetulan sekarang dikaitkan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan, maka kita meriahkan dengan pameran. Saya harap memang setelah pandemi banyak muncul pameran-pameran. Sekarang bisa kita gelar di mana-mana," ujar Ma'ruf.

Wapres juga menilai, Firdaus Alamhudi merupakan salah satu pelukis Indonesia yang memiliki keunikan. Hal itu lantaran sebagian karyanya menggunakan media unik, seperti limbah bulu ayam.

"Beliau merupakan pelopor dalam menggunakan bulu ayam dan mudah-mudahan nanti bisa diteruskan dan upaya yang dilakukan ini memberikan makna dan menjadi amal baik bagi Pak Firdaus dan diteruskan generasi selanjutnya," tambah Ma'ruf. 

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Kenakan Baju Adat Banten di Upacara HUT ke-77 RI

3. Kebangkitan pegiat seni dan budaya Tanah Air usai dapatkan pukulan akibat pandemik COVID-19

Luar Biasa! Lukisan Ma'ruf Amin Laku Rp1,5 MiliarANTARA FOTO/Setwapres-Jeri Wongiyanto

Adapun Wapres Ma'ruf Amin membuka pameran lukisan karya pelukis Firdaus Alamhudi bertajuk "Nuansa Kemerdekaan" ini dengan harapan, turut menandai kebangkitan pegiat seni dan budaya Tanah Air yang mendapatkan pukulan akibat pandemik COVID-19.

"Di pameran bertema 'Nuansa Kemerdekaan' pada hari ini, saya sungguh terkesan akan karya-karya seni lukis yang sangat indah serta kaya makna dan pesan historis. Saya berharap Pameran 'Nuansa Kemerdekaan' turut menandai kebangkitan pegiat seni dan budaya Tanah Air yang mendapatkan pukulan akibat pandemik COVID-19," kata Ma'ruf.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya