Mengenal 7 Putra Putri Rasulullah SAW, 3 Wafat Masih Anak-anak

Ada tiga putra dan empat putri Rasulullah SAW

Jakarta, IDN Times - Rasulullah SAW memiliki tujuh anak. Dari istri pertamanya, Siti Khadijah, punya enam anak. Sementara, seorang anak lagi dari istri kesebelas, Mariyah al-Qibthiyah, yang merupakan budaknya.

Nabi Muhammad SAW tidak memiliki anak dari istri-istri yang lain, kecuali dari Khadijah dan Mariyah.

Mengutip buku Putra Putri Rasulullah karya al-Hafidz Abdul Ghani bin Abdul Wahid al-Maqdisy, Rasulullah memiliki tiga anak laki-laki dan empat anak perempuan. Mereka merupakan anak-anak yang tampan, cantik, berbakti kepada orang tua, dan memiliki nama-nama yang baik.

Baca Juga: Kisah Abu Bakar, Sahabat Nabi yang Dikenal Jujur dan Dermawan

1. Putra Rasulullah SAW: Al-Qasim, Abdullah, dan Ibrahim

Mengenal 7 Putra Putri Rasulullah SAW, 3 Wafat Masih Anak-anakRumah kelahiran Nabi Muhammad SAW di sudut Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. (IDN Times/Uni Lubis)

Al-Qasim merupakan anak sulung Nabi Muhammad SAW dengan Siti Khadijah. Qasim lahir di Makkah, sebelum Muhammad diangkat menjadi Nabi.

Qasim wafat di Makkah saat berusia dua tahun. Menurut Qatadah, al-Qasim meninggal ketika ia sudah bisa berjalan.

Kemudian, Abdullah, putra kedua Nabi Muhammad SAW dari Siti Khadijah. Karena Abdullah lahir sesudah Islam, ia biasa disebut juga at-Thayyib (yang baik) dan at-Thahir (yang suci).

Putra ketiga, Ibrahim adalah anak bungsu Nabi Muhammad SAW dari Mariyah al-Qibthiyah. Ibrahim hidup lebih lama selama 1,5 tahun dibandingkan dengan Qasim dan Abdullah.

Ibrahim lahir dan wafat di Kota Madinah, tahun sepuluh hijriah pada usia tujuh belas atau delapan belas bulan.

2. Zainab

Mengenal 7 Putra Putri Rasulullah SAW, 3 Wafat Masih Anak-anakSuasana di Kota Makkah, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Selain tiga putra, Rasulullah SAW juga memiliki empat putri. Putri tertua Nabi dengan Siti Khadijah bernama Zainab. Dia menikah dengan Abu Al-Ash bin Rabi bin Abdul Uzza bin Abdul Syams, sepupu Zainab, karena ibunya adalah Hala binti Khuwailid (saudara dari Khadijah binti Khuwailid).

Zainab mempunyai anak bernama Ali yang wafat waktu kecil dan Umamah yang digendong Nabi waktu salat, dan setelah dewasa menikah dengan Ali bin AbiThalib setelah Fatimah wafat.

Semasa hidup ibundanya, sang putri yang menawan ini disunting seorang pemuda bernama Abul' Ash bin Ar-Rabi ' bin 'Abdil 'Uzza bin 'Abdisy Syams bin 'Abdi Manaf bin Qushay Al-Qurasyi. ia merupakan putra Halah binti Khuwailid, saudara perempuan Khadijah. Ketika itulah Khadijah menghadiahkan seuntai kalung untuk penganti putrinya. Pernikahan ini melahirkan dua putra putri Abul Ash, yaitu Umamah dan Ali.

3. Fatimah

Mengenal 7 Putra Putri Rasulullah SAW, 3 Wafat Masih Anak-anakMasjidil Haram di Makkah, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Fatimah dilahirkan di Makkah pada 20 Jumadil Akhir, 18 tahun sebelum Nabi Muhammad hijrah. Fatimah menikah dengan Ali bin Abi Thalib. Saat itu usia Ali bin Abi Thalib 21 tahun 5 bulan, sementara Fatimah menginjak 15 tahun 6,5 bulan.

Sebelumnya, Abu Bakar Ash-Shiddiq pernah berniat meminang Fatimah, begitu juga dengan Umar bin Al Khatab. Namun Rasulullah SAW tidak menyambut pinangan mereka berdua dan menolaknya secara halus.

Dari pernikahan Fatimah dengan Ali bin Abi Thalib melahirkan Hasan Husain, Muhassin yang wafat waktu kecil, Ummu Kultsum yang menikah dengan Umar bin Khattab, dan Zainab yang menikah dengan Abdullah bin Ja'far bin Abi Thalib.

4. Ruqayyah

Mengenal 7 Putra Putri Rasulullah SAW, 3 Wafat Masih Anak-anakMasjid Nabawi di Madinah (unsplash.com/Ayse Bek)

Sebelum sang ayah diangkat sebagai nabi Allah, Ruqayyah disunting seorang pemuda bernama Utbah, putra Abu Lahab bin Abdul Muthalib. Pernikahan ini tidak berjalan lama. Semua berawal dengan diangkatnya Muhammad SAW sebagai nabi, menyusul kemudian surat Al-Lahab dan istrinya, Ummu Jamil, menjadi berang. Ia berkata kepada putranya "haram" jika kalian tidak menceraikan putri Muhammad.

Allah SWT memberikan ganti yang jauh lebih baik. Ruqayyah menikah dengan seorang sahabat mulia, Ustman bin Affan. Ia meninggal di pangkuan Ustman. Ruqayyah memiliki seorang putra bernama Abdullah, sehingga Ustman dipanggil dengan Abu Abdullah.

Baca Juga: Kisah Ali bin Abi Thalib, Juru Tulis Nabi Berjuluk Gerbang Pengetahuan

5. Ummu Kultsum

Mengenal 7 Putra Putri Rasulullah SAW, 3 Wafat Masih Anak-anakIlustrasi. Jemaah di Masjidil Haram, Makkah. (IDN Times/Mela Hapsari)

Kisah Ummu Kultsum sama halnya dengan Ruqayyah. Ummu dilahirkan enam tahun sebelum Nabi Muhammad SAW diangkat sebagai Nabi. Ummu kemudian dinikahi Utbah bin Abu Lahab, namun kemudian diceraikan karena perkataan sang ibu kepada Utbah bin Abu Lahab, bahkan sebelum Ummu Kultsum disentuhnya.

Allah SWT juga telah memilihkan yang lebih baik dari semuanya. Rasulullah SAW meminang Hafshah untuk dirinya, dan menikahkan Utsman bin Affan dengan putrinya, Ummu Kultsum. Peristiwa ini berlangsung pada Rabiul Awwal tahun ketiga setelah Nabi hijrah ke Madinah. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya