Comscore Tracker

NasDem Deklarasikan Anies Jadi Capres, Airlangga Fokus ke KIB 

KIB menentukan waktu yang tepat untuk deklarasi capres 2024

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan, pihaknya tetap konsentrasi kepada Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di tengah Partai NasDem yang memutuskan untuk mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

"Tentunya masing-masing partai punya strategi tersendiri. Kita kalau Golkar konsentrasi pada KIB," kata Airlangga kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Baca Juga: Anies Diusung Nasdem Jadi Capres 2024, Begini Respons Ketum PAN Zulhas

1. KIB tunggu waktu yang tepat untuk mendeklarasikan capres 2024

NasDem Deklarasikan Anies Jadi Capres, Airlangga Fokus ke KIB Beberapa elit partai politik turut hadir dalam KIB, di antaranya Menko Luhut Binsar Pandjaitan, dan Hatta Rajasa. (IDNTimes/Melani Putri)

Airlangga juga mengatakan, KIB akan menentukan waktu yang tepat untuk mendeklarasikan capres 2024. 

Terkait waktu deklarasi, ia menyebut akan diinformasikan lebih lanjut.

"KIB kita akan tentukan waktunya nanti. Waktunya akan diberitahukan," ungkap Airlangga.

2. NasDem resmi deklarasikan Anies jadi capres 2024

NasDem Deklarasikan Anies Jadi Capres, Airlangga Fokus ke KIB Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh deklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

DPP Partai NasDem resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres), yang akan diusung pada Pilpres 2024. Deklarasi itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Surya Paloh menitipkan bangsa Indonesia kepada Anies. Dia berharap, Anies mampu memimpin bangsa Indonesia dengan baik apabila terpilih sebagai presiden pada 2024.

"Inilah mengapa kami kami ingin menitipkan perjalanan bangsa ini ke ke depan, insyaAllah jika saudara Anies Baswedan terpilih, pimpinlah bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat, bangsa yang mampu membentuk karakter," ujar Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

3. Anies izin ke Surya Paloh selesaikan jabatan DKI 1

NasDem Deklarasikan Anies Jadi Capres, Airlangga Fokus ke KIB IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Setelah dideklarasikan, Anies kemudian meminta izin kepada Surya Paloh untuk terlebih dahulu menyelesaikan jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Anies akan menanggalkan jabatan kursi nomor 1 di ibu kota pada 16 Oktober 2022.

"Izinkan kami menuntaskan yang di Jakarta sampai tuntasnya tanggung jawab yang diamanahkan rakyat Jakarta, izinkan kami mengembalikan rakyat jakarta, datang tampak muka, pulang tampak punggung," ucap Anies.

Baca Juga: Gerindra Siap Lawan Capres NasDem Anies di Pilpres 2024

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya