Persiapan Peresmian Provinsi Papua Pegunungan, Satgas Lakukan Ini 

Persiapan peresmian Provinsi Papua Pegunungan semakin matang

Jakarta, IDN Times - Kelompok Kerja (Pokja) III Satuan Tugas (Satgas) Pengawalan Daerah Otonom Baru (DOB) terus mendukung persiapan peresmian Provinsi Papua Pegunungan. 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengidentifikasi dan verifikasi lanjutan terhadap dokumen aset milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya dan Provinsi Papua. 

Adapun sejumlah aset tersebut rencananya bakal dihibahkan dan dipinjampakaikan kepada Pemerintahan Provinsi Papua Pegunungan. 

Baca Juga: Dukung Peresmian Papua Selatan, Pemprov dan 4 Pemkab Beri Dana Hibah

1. Pusat dan daerah sudah melakukan langkah-langkah strategis untuk persiapan peresmian

Persiapan Peresmian Provinsi Papua Pegunungan, Satgas Lakukan Ini Direktur FDPPD Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Sumule Tumbo (Puspen Kemendagri)

Ketua Pokja III Satgas Pengawalan DOB yang juga Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah (FDPPD) Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sumule Tumbo menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian tahapan untuk mempersiapkan peresmian provinsi baru lebih optimal.

"Secara terintegrasi (tim) pusat, Provinsi Papua, dan kabupaten di wilayah Papua Pegunungan ini sudah melakukan langkah-langkah strategis. Persiapan peresmian setiap saat terus dioptimalkan," kata Sumule di Gedung Aithousa, Betlehem, Wamena, Kamis (8/9/2022), yang dilansir Puspen Kemendagri, Jumat (9/9/2022).

2. Satgas DOB tinjau lokasi kantor OPD Provinsi Papua Pegunungan

Persiapan Peresmian Provinsi Papua Pegunungan, Satgas Lakukan Ini Kantor Gubernur Papua Pegunungan. (Foto : Kemendagri)

Sumule menjelaskan, dalam kegiatan tersebut tim terus mematangkan sejumlah dokumen pendukung untuk peresmian Provinsi Papua Pegunungan. Hal itu dilakukan agar persiapan dapat terus dioptimalkan.

Usai melakukan verifikasi, Sumule bersama tim Pokja III meninjau pemasangan plang untuk calon rumah dinas penjabat gubernur dan sekretaris daerah (sekda). Selain itu, pihaknya juga meninjau sejumlah calon lokasi yang bakal digunakan untuk kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Papua Pegunungan.

3. Semua pihak terkait diharapkan kerja sama sambut peresmian Provinsi Papua Pegunungan

Persiapan Peresmian Provinsi Papua Pegunungan, Satgas Lakukan Ini Komisi II DPR RI bersama Kemendagri kunker ke Papua (dok. Kemengdari)

Sumule menjelaskan, saat ini plang tersebut telah dipasang kembali dan dijaga oleh sejumlah aparat bersenjata lengkap. 

Hal ini menegaskan, persiapan peresmian Provinsi Papua Pegunungan semakin matang. Sumule berharap, jajaran Pemkab se-wilayah Papua Pegunungan semakin solid dalam menyambut peresmian provinsi baru tersebut.

"Kami berharap kepada jajaran Bupati, Sekda, dan para pihak terkait untuk betul-betul bekerja sama dalam menyambut peresmian Provinsi Papua Pegunungan. Sebab, ini merupakan torehan sejarah baru bagi seluruh masyarakat Papua Pegunungan," tegas Sumule.

Baca Juga: KPU Dorong DPR Revisi UU Pemilu untuk DOB Papua Selesai Akhir 2022

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya