Comscore Tracker

Politikus Demokrat Ungkap Alasan SBY Temui Surya Paloh

SBY dan Surya Paloh bertemu di Nasdem Tower

Jakarta, IDN Times - Politikus Partai Demokrat Herman Khaeron mengungkapkan, pertemuan antara Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merupakan kunjungan yang direncanakan, sebagai balasan kepada Surya Paloh yang menjenguk SBY saat berobat di Amerika Serikat.

"Sepengetahuan saya, ini adalah Kunjungan balasannya Pak SBY ke Pak Surya Paloh, dan ini memang sudah direncanakan untuk membalas kunjungan atas kunjungan Pak Surya Paloh pada waktu menjenguk Pak SBY di perawatan Amerika Serikat," ungkap Herman yang merupakan anggota Komisi IV DPR RI di Gedung DPR RI, Senin (6/6/2022).

Baca Juga: Nasdem Kantongi 3 Nama untuk Dipilih Jadi Capres 2024, Termasuk AHY?

1. SBY dan Surya Paloh bersahabat sejak lama dan semakin mempererat silaturahmi

Politikus Demokrat Ungkap Alasan SBY Temui Surya PalohIDN Times/Tunggul Kumoro

Herman mengatakan, Surya Paloh saat itu turut mendoakan SBY agar cepat sembuh dan doa baik lainnya. Maka, pertemuan pada Minggu malam kemarin menjadi kesempatan SBY membalas kunjungan dan mempererat tali silaturahmi.

"Ini konteks yang perlu dilihat apa yang menjadi kunjungan SBY ke Pak Surya dan tentu lebih mempererat tali silaturahmi," kata Herman.

"SBY sama Surya bersahabat sudah sejak lama, tercemin keakraban saat saya mendampingi Ketua Umum ke Nasdem Tower itu juga kehangatan ditunjukan ke Surya Paloh, karena memang ini hubungan yg baik dan erat antara SBY dan Surya," tambahnya.

2. Pertemuan sebagai kunjungan balasan

Politikus Demokrat Ungkap Alasan SBY Temui Surya PalohSusilo Bambang Yudhoyono (SBY) (Twitter/@SBYudhoyono)

Herman menjelaskan, sampai saat ini ia hanya mengetahui pertemuan itu hanya sebagai kunjungan balasan tanpa agenda politik ataupun pembicaraan lainnya.

"Sampai saat ini saya belum tahu, karena pertemuannya kemarin malam jam 7 sampai 10 malam, dan sampai saat ini belum ada kabar yang tentu menjadi pembicaraan," jelas Herman.

"Nanti ada saatnya, nanti diinformasikan apa yang jadi pembicaraan para senior dan para yang memiliki jiwa kebangsaan, artinya bahwa dalam konteks silaturahmi semua baik," tegasnya.

3. Demokrat fokus persiapkan verifikasi partai politik

Politikus Demokrat Ungkap Alasan SBY Temui Surya PalohSejumlah kader Partai Demokrat datang ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jakarta Selatan, Kamis (14/10/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Mengenai soal strategi, Herman mengungkapkan bahwa saat ini Demokrat masih fokus untuk melakukan persiapan pendaftaran verifikasi partai politik yang akan dibuka pada 1-7 Agustus 2022. 

"Kita masih fokus untuk melakukan persiapan perjalanan pendaftaran verifikasi parpol, kami bekerja keras mempersiapkan seluruh praksara yang ditentukan KPU, oleh karenanya kita tunggu sampai 14 Desember pengumuman partai politik peserta pemilu, itu yang tentu sudah menjadi peserta pemilu baik pemilu legislatif atau pemilu presiden," jelas Herman.

Ia juga menerangkan bahwa mempersiapkan verifikasi partai politik membutuhkan konsentrasi dan kerja sama seluruh instrumen partai pada setiap tingkatan.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya