Puan: Ada 4 Topik Pembahasan dalam Pertemuan P20

Negara G20 berkomitmen bersama menciptakan perdamaian dunia

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkapkan 4 topik yang didiskusikan dalam pertemuan kegiatan 8th G20 Parliamentary Speakers' Summit (P20). 

P20 merupakan forum yang dihadiri parliament speakers atau ketua Parlemen dari negara G20, yang diselenggarakan dalam satu rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Hal itu diungkapkan Puan saat Konferensi Pers KTT ke-8 G20 Parliamentary Speakers' Summit (P20) di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta, Jumat (7/10/2022).

"Pertama adalah ekonomi hijau, kedua ketahanan pangan dan energi, yang ketiga bagaimana parlemen efektif dan demokrasi serta inklusi sosial, kesetaraan gender, dan pemberdayaan perempuan," kata Puan.

1. Negara G20 berkomitmen bekerja bersama menciptakan perdamaian dunia

Puan: Ada 4 Topik Pembahasan dalam Pertemuan P20Ketua DPR RI Puan Maharani saat Konferensi Pers KTT ke-8 G20 Parliamentary Speakers' Summit (P20) di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta, Jumat (7/10/2022). (YouTube DPR RI).

Puan menjelaskan, dari hasil diskusi tersebut, semua negara G20 dan tamu yang hadir berkomitmen untuk bekerja bersama menciptakan perdamaian dunia, kemudian memberikan harapan baru atau news hope bagi dunia internasional. 

"Bahwa kita mau hadir berkomitmen untuk bagaimana menciptakan dunia menjadi lebih damai dan bagaimana kemudian dunia global penuh dengan kesejahteraan sosial tanpa kemudian saling membedakan antara yang kaya dengan yang miskin, kemudian juga tidak membedakan laki dan perempuan, dan bagaimana kemudian semua negara merasakan manfaat dari kebersamaan dunia global yang ada," jelas Puan.

Baca Juga: Diagendakan Bertemu Airlangga, Puan: Samakan Visi Misi Menuju 2024

2. Semua negara saling bantu pasca COVID-19

Puan: Ada 4 Topik Pembahasan dalam Pertemuan P20Ketua DPR Puan Maharani (dok. Pribadi/Puan Maharani)

Lebih lanjut lagi, Puan mengatakan, semua pihak mempunyai satu harapan bahwa kedepannya pasca COVID-19 ini tidak ada satu negara pun yang kemudian ditinggal.

"Artinya semua negara saling membantu karena tidak akan mungkin satu negara bisa kemudian survive pasca pandemik Covid ini di urusan ekonomi, perdagangan, dan sosial jika hanya sendirian," ujar Puan.

3. Semua pendapat dicantumkan dalam keputusan yang disepakati semua negara

Puan: Ada 4 Topik Pembahasan dalam Pertemuan P20Ketua DPR dari fraksi PDI Perjuangan, Puan Maharani (IDN Times/Irfan Fatthurohman)

Dalam pertemuan kegiatan 8th G20 Parliamentary Speakers' Summit (P20), kata Puan, Indonesia parlemen DPR RI menjadi tuan rumah dan sudah berhasil membuat satu komitmen, walaupun kesepakatannya tidak bisa menjadi joint statement.

"Namun semua pendapat, komitmen, dan saran masukan sudah kami cantumkan dalam keputusan yang sudah disepakati oleh semua negara," ucap Puan.

Baca Juga: Puan Sebut Peserta P20 Berkomitmen Semua Negara Dapat Pangan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya