Comscore Tracker

Puncak Covid Jakarta Pekan Depan, Wagub: Kami Minta Semua Pakai Masker

Riza minta masyarakat tetap mematuhi prokes

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai antisipasi gelombang sub varian baru Omicron BA.4 dan BA.5 yang terjadi pada pekan depan.

Menurutnya, hal itu bisa terjadi lantaran memasuki masa libur panjang dan mulai dibukanya tempat-tempat wisata. 

"Ya memang sekarang yang harus diantisipasi adalah masa libur panjang. Libur anak-anak ini semua tempat-tempat pariwisata sudah dibuka, Monas, Ragunan, Ancol juga dibuka, dan membeludaknya masyarakat tidak hanya dari Jakarta, tapi dari Jabodetabek, dari luar kota juga banyak masuk ke Jakarta," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (4/7/2022).

1. Riza minta masyarakat tetap mematuhi prokes

Puncak Covid Jakarta Pekan Depan, Wagub: Kami Minta Semua Pakai MaskerWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Mengantisipasi gelombang varian baru COVID-19, Riza pun menegaskan kembali pada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Yang penting sekarang dalam rangka mengantisipasi seperti yang kita ketahui bersama yang perlu ditingkatkan adalah protokol kesehatan, semuanya, kami minta semuanya patuh taat menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan, hindari mobilitas," ungkap Riza. 

Baca Juga: [UPDATE] COVID-19 di Indonesia Bertambah 1.434, DKI Jakarta Terbanyak

2. Cegah angka kenaikan kasus COVID-19

Puncak Covid Jakarta Pekan Depan, Wagub: Kami Minta Semua Pakai MaskerIlustrasi petugas saat disinfektan COVID-19. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Riza berharap, varian baru COVID-19 tidak menimbulkan angka kenaikan kasus. Hal itu pastinya didukung dengan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

"Jadi sekalipun sudah pelonggaran semua dibuka tapi patuh dan taat. Jangan sampai ada sub varian Omicron ini dapat menimbulkan penularan. Memang angkanya ada peningkatan tapi perlu diikuti dengan prokes yang ketat, patuh, disiplin dan bertanggung jawab," ujar Riza. 

Baca Juga: Banyak Perjalanan Warga ke Jakarta, Kasus COVID-19 Kota Depok Naik 

3. Dorong masyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi booster

Puncak Covid Jakarta Pekan Depan, Wagub: Kami Minta Semua Pakai MaskerIlustrasi vaksin (Dok. ANTARA FOTO)

Kemudian, Riza menjelaskan, selain protokol kesehatan, salah satu percepatan mencegah kenaikan kasus COVID-19 yaitu mendorong masyarakat untuk pelaksanaan vaksinasi booster.

"Ya itu kan juga salah satu selain prokes yang harus dorong percepatan adalah pelaksanaan vaksin ketiga atau booster. Jakarta sendiri alhamdulillah selama ini peningkatan pelaksanaan vaksin kita selalu terdepan, waktu vaksin satu, vaksin dua, vaksin tiga, terus kita tidak pernah berhenti mendorong, memotivasi masyarakat untuk memastikan semuanya sudah mendapatkan vaksin yang ketiga atau booster," jelas Riza.

"Mari juga kita ajak orangtua kita apalagi yang lansia anak-anak kita segera mendapatkan vaksin ketiga," sambungnya.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya