Ucapkan Selamat Idul Adha, Wapres: Momen Berbagi dan Peduli Sesama

Wapres imbau masyarakat pastikan hewan kurban bebas PMK

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin mengungkapkan, Hari Raya Idul Adha memiliki makna cukup dalam. Selain wujud pelaksanaan tuntunan agama, menyembelih hewan kurban memberikan dampak sosial positif, karena daging bisa terdistribusi kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Hal itu diungkapkan Ma'ruf Amin dalam tayangan video ucapan Hari Raya Idul Adha 1443 H, Sabtu (9/7/2022).

"Selain itu, kurban dapat menjadi bukti kepekaan sosial bagi kita untuk berbagi dan peduli kepada sesama apalagi pasca-pandemik (COVID-19) seperti sekarang ini," kata pria berusia 74 tahun tersebut.

1. Hukum menyembelih hewan kurban sunnah muakkad

Ucapkan Selamat Idul Adha, Wapres: Momen Berbagi dan Peduli SesamaIlustrasi penyembelihan hewan kurban. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Ma'ruf Amin mengatakan, menyembelih hewan kurban hukumnya sunnah muakkad (sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan). Bahkan, ada ulama yang mewajibkan karena besarnya manfaat yang dihasilkan.

"Umat Islam sangat dianjurkan setidak-tidaknya sebagai sunnah muakkadah untuk menyembelih kurban. Bahkan di antara ulama ada yang mewajibkan untuk menyembelih kurban," kata Ma'ruf Amin.

Baca Juga: Idul Adha 2022, Ada Peternak Pilih Tak Jual Sapi karena Berisiko

2. Wapres imbau masyarakat memastikan hewan kurban bebas dari PMK

Ucapkan Selamat Idul Adha, Wapres: Momen Berbagi dan Peduli SesamaIlustrasi. Penjual kambing kurban. ANTARA FOTO/Rahmad

Ma'ruf Amin juga mengimbau, para penyedia hewan kurban harus menyiapkan hewan yang sehat dan terbebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

"Sebab, berkurban dengan hewan yang terkena PMK hukumnya tidak sah. Di samping itu, daging dari hewan kurban tersebut nantinya akan didistribusikan dan dinikmati oleh masyarakat luas," ujar Ma'ruf Amin.

3. Wapres berharap perayaan Idul Adha semakin mempererat persaudaraan

Ucapkan Selamat Idul Adha, Wapres: Momen Berbagi dan Peduli SesamaWapres Ma'ruf Amin pimpin rapat penanggulangan miskin ekstrem di NTT (Dok. Setwapres)

Terakhir, Wapres Ma'ruf Amin mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha kepada segenap umat Islam di seluruh tanah air. Dia berharap perayaan kali ini, semakin mempererat persaudaraan sesama manusia. 

"Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, semoga perayaan Idul Adha ini dapat semakin meningkatkan keimanan, ketaatan, dan kepatuhan kita kepada Allah SWT," ujar eks Ketua MUI ini.

"Dan di tengah pandemik COVID-19 ini, semoga semangat berkurban akan semakin mempererat persaudaraan antara sesama manusia," kata dia seraya mendoakan.

Sebagai informasi, Wapres beserta Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 H ini di Tanah Suci Makkah sembari melaksanakan ibadah haji. Wapres dan Ibu Wury berkesempatan menunaikan ibadah haji tahun ini setelah mendapatkan undangan khusus dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

 

Ucapkan Selamat Idul Adha, Wapres: Momen Berbagi dan Peduli Sesama

Baca Juga: Jelang Idul Adha Tim Koordinasi Keamanan Pangan Sidak Pasar, Hasilnya?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya