Wow! Mahasiswa UI Raih Gelar 'Best Student Presentation' di Korsel

Temuan perubahan iklim memengaruhi kesejahteraan remaja

Jakarta, IDN Times - Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI), Ulfi Hida Zainita, meraih gelar Best Student Presentation pada the 19th Pacific Basin Consortium for Environment and Health International Conference (PBC Conference) 2022 di Korea Selatan.

Konferensi internasional di Korea Selatan ini mengangkat tema “Environmental Exposure in a Changing Climate” yang diselenggarakan the International Environmental Research Institute (IERI) dan Gwangju Institute of Science & Technology (GIST).

"Saya memiliki temuan menarik dari paper bahwa pengetahuan terkait perubahan iklim pada remaja Indonesia, baik di daerah perkotaan maupun pedesaan, masih sangat terbatas," kata Ulfi, mahasiswa Program S-2 Promosi Kesehatan FKM UI, Sabtu (10/9/2022), dilansir ANTARA

Baca Juga: Bakal Demo BBM 13 September, Mahasiswa Ajak Rakyat Gelar Konsolidasi

1. Paper mengungkapkan perubahan iklim berdampak pada kesejahteraan remaja

Wow! Mahasiswa UI Raih Gelar 'Best Student Presentation' di KorselIlustrasi aksi perubahan iklim (IDN Times/Dhana Kencana)

Ulfi menjelaskan, ditemukan bahwa kesejahteraan remaja terdampak  perubahan iklim, mulai dari minim pemenuhan hak terhadap pendidikan, hak kehidupan layak, hingga hak terhadap makanan sehat dan bergizi.

"Paper ini juga mengungkapkan bagaimana pengetahuan, persepsi, dan sikap manusia terkait perubahan iklim tersebut, memiliki efek signifikan terhadap intensi perilaku pro-lingkungan pada remaja," jelas Ulfi.

2. Paper berisi rekomendasi pemerintah untuk mengatasi kesejahteraan remaja

Wow! Mahasiswa UI Raih Gelar 'Best Student Presentation' di KorselIDN Times/Istimewa

Paper tersebut juga berisi rekomendasi untuk pemerintah dalam mengatasi kesejahteraan remaja akibat perubahan iklim. 

"Untuk mengatasi hal tersebut, rekomendasi yang diberikan kepada pemerintah Indonesia adalah berkomitmen menyediakan pendidikan formal dan non-formal, akibat perubahan iklim yang dapat menjangkau remaja, demi menjaga kesejahteraan mereka," kata Ulfi.

Baca Juga: Mahasiswa ITERA Bikin Alat Pendorong Kecepatan Angin Produksi Listrik

3. Akademisi dan lembaga berperan dalam melindungi kesejahteraan remaja

Wow! Mahasiswa UI Raih Gelar 'Best Student Presentation' di KorselIlustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelum lolos menjadi peserta, Ulfi melewati serangkaian proses seperti diminta menyusun abstrak dan paper untuk diserahkan kepada panitia. 

Abstrak yang berhasil memukau penyelenggara, membuat Ulfi dan tim berhasil mendapatkan hibah mengikuti serangkaian konferensi secara langsung di Korea Selatan. Dalam kesempatan itulah Ulfi melakukan presentasi yang kemudian mengantarkan dia sebagai peraih Best Student Presentation.

"Diperlukan kerja sama dari sektor akademisi, NGO (lembaga swadaya masyarakat), masyarakat, media masa, dan perusahaan swasta untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka melindungi hak dasar dan kesejahteraan remaja dari perubahan iklim," ujar Ulfi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya