Comscore Tracker

33 Pasien di RSUP Sardjito Yogya Meninggal Usai Oksigen Sentral Habis

RSUP Sardjito kehabisan oksigen sentral

Sleman, IDN Times - RSUP Dr Sardjito di Sleman, DI Yogyakarta, mengalami krisis oksigen. Pada Sabtu (3/7/2021) pukul 20.00 WIB, sentral oksigen di salah satu rumah sakit rujukan COVID-19 tersebut habis.

Usai kejadian tersebut, sebanyak 33 pasien di RSUP Dr Sardjito meninggal dunia. Direktur Utama RSUP Dr Sardjito, Rukmono Siswishanto, mengatakan puluhan pasien tersebut meninggal dunia pada Sabtu (3/7/2021) pukul 20.00 WIB hingga Minggu (3/7/2021) pukul 07.00 WIB.

1. RSUP Sardjito luruskan kabar 63 pasien meninggal

33 Pasien di RSUP Sardjito Yogya Meninggal Usai Oksigen Sentral HabisIlustrasi mobil Jenazah. (IDN Times/Aldila Muharma-Fiqih Damarjati)

Selanjutnya, Rukmono meluruskan adanya informasi yang menyebut 63 pasien di RSUP Dr Sardjito meninggal akibat kehabisan oksigen. Faktanya, ia menjelaskan jumlah 63 pasien itu merupakan akumulasi kematian dari Sabtu (3/7/2021) pagi sampai Minggu (4/7/2021) pagi.

Artinya, tidak semua meninggal karena oksigen sentral di RSUP Dr Sardjito habis. 

"Yang meninggal pasca-oksigen sentral habis pukul 20.00 WIB maka kami sampaikan jumlahnya 33 pasien. Namun dalam kondisi tersebut, semua pasien yang tidak tersuplai oksigen central maka dalam pelayanannya tetap tersuplai menggunakan suplai oksigen tabung," ungkapnya pada Minggu (4/7/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Pecah Rekor Lagi, Kasus COVID-19 di Indonesia Naik 27.913 Hari ini

2. Empat pasien meninggal karena ventilator

33 Pasien di RSUP Sardjito Yogya Meninggal Usai Oksigen Sentral HabisIlustrasi ruang isolasi. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Kepala Bagian Hukum, Organisasi dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan, merinci dari 33 pasien yang meninggal, empat di antaranya karena oksigen sentral habis. Sedangkan, 15 pasien meninggal saat baru dibawa ke UGD dan beberapa lainnya karena kondisi klinis.

Meski demikian, pasien yang meninggal tersebut masih sempat tersuplai oksigen tabung. Salah satunya bantuan dari Polda DIY sejumlah 100 tabung.

"Meraka tetap tersuplai oksigen, walaupun dengan oksigen tabung. Yang meninggal karena ventilator itu hanya sekitar empat pasien," katanya.

3. Gelombang pasien COVID-19 berdatangan

33 Pasien di RSUP Sardjito Yogya Meninggal Usai Oksigen Sentral HabisIlustrasi ambulans (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Banu pun mengakui dalm beberapa hari terakhir, gelombang pasien COVID-19 yang masuk ke RSUP Dr Sardjito meningkat tajam. Ditambah lagi, pada Jumat (2/7/2021) sore, RSUP Dr Sardjito mendapatkan limpahan pasien dari rumah sakit lain yang dalam keadaan darurat.

"Ini gelombang pasien kita didrop Jumat sore, itu kita didrop pasien (dengan kondisi) jelek-jelek," paparnya.

Baca Juga: PPKM Darurat Hari Pertama, Toko dan PKL Malioboro Masih Ada yang Buka

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya