Comscore Tracker

Mumtaz Rais Direkomendasikan Calon Bupati, DPC PAN Sleman Terkejut

DPC PAN Sleman mengaku belum menerima surat resmi

Sleman, IDN Times - Dewan Pimpinan Cabang Partai Amanat Nasional (DPC PAN) Sleman mengaku belum menerima surat resmi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, perihal rekomendasi anak Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais maju sebagai calon bupati Sleman 2021-2016.

Sementara, surat rekomendasi bernomor 52/Pilkada/XI/2019 telah beredar di kalangan media. Namun, Sekretaris DPC PAN Sleman Arif Kurniawan mengaku belum berani mengeluarkan pernyataan perihal ini. Sebab, pihaknya masih menunggu surat resmi dari DPP PAN.

Baca Juga: 4 Nama Ini Siap Jadi Calon Ketum Jelang Kongres PAN, Yuk Cek Profilnya

1. Sekretaris DPC PAN Sleman terkejut

Mumtaz Rais Direkomendasikan Calon Bupati, DPC PAN Sleman TerkejutSurat rekomendasi Mumtaz Rais yang beredar di media sosial. (Istimewa)

Arif mengaku kaget karena proses penyaringan masih berlangsung sampai sekarang. "Kalau rekomendasi artinya muncul dari yang direkomendasikan siapa, kita baru proses. Artinya kita juga agak kaget sudah ada nama rekomendasi itu," kata dia.

Arif menjelaskan, normalnya dalam pemilihan bakal calon bupati maupun calon wakil bupati, mekanisme datang dari DPC. Dari DPC kemudian memberikan ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) hingga diteruskan ke DPP.

"Secara tertulis di AD ART tidak mengatur tahapan secara teknis, tapi normalnya kita sekarang baru melakukan penjaringan. Harusnya kalau melakukan penjaringan, hasilnya akan disaring melalui sebuah mekanisme seperti apa? Ini yang baru kita diskusikan," kata dia.

2. Proses pemilihan bakal calon masih berjalan terus

Mumtaz Rais Direkomendasikan Calon Bupati, DPC PAN Sleman TerkejutIDN Times/Tunggul Kumoro

Selain masih menunggu surat resmi, Arif menjelaskan, saat ini proses penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati Sleman masih berjalan.

"Akan kita sikapi nanti kalau sudah ada secara fisik, artinya proses penjaringan di depan masih berjalan. Kalau hasil rapat terakhir mendapati berkembang menjadi enam orang. Enam orang itu nanti kita akan lakukan penjaringan secara internal, lalu kita sampaikan ke DPW," kata dia.

3. Surat rekomendasi yang beredar tak menggugurkan pemilihan bakal calon

Mumtaz Rais Direkomendasikan Calon Bupati, DPC PAN Sleman TerkejutIlustrasi (IDN Times/Instagram PAN)

Arif menerangkan, meskipun ada surat rekomendasi yang sudah beredar luas, proses seleksi bakal calon bupati dan wakil bupati Sleman akan terus berjalan.

"Tidak menggugurkan penjaringan, artinya proses masih terus berjalan. Proses tim pilkada masih terus berjalan, karena kita belum mendapatkan surat resmi," kata dia.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: PAN Gelar Kongres Maret 2020, Zulkifli Hasan Maju Lagi?

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You