Kabar Gembira, Pasien Balita COVID-19 sudah Sembuh dan Boleh Pulang

Rumah sakit tetap memantau kesehatan balita

Sleman, IDN Times - Pasien COVID-19 balita yang dirawat di RSUP Dr. Sardjito sejak 9 Maret 2020, sudah dinyatakan sembuh. Setelah menjalani beberapa kali uji laboratorium, pasien sudah dinyatakan negatif COVID-19 dan diperbolehkan pulang ke rumah.

Baca Juga: Pemindahan Penerbangan dari Adisutjipto ke YIA Bakal Tanpa Seremonial

1. Kondisi sudah sehat

Kabar Gembira, Pasien Balita COVID-19 sudah Sembuh dan Boleh PulangRSUP dr. Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Juru Bicara Penanganan Kasus Covid-19 Pemda DIY, Berty Murtiningsih menjelaskan, pasien berumur 3 tahun --kasus pertama di DIY dan ke-49 di Indonesia--  saat ini dalam keadaan sehat dan hasil tesnya sudah tidak menunjukkan keberadaan virus corona. Untuk itu, pihak RSUP Dr. Sardjito memperbolehkan pasien untuk pulang ke rumah pada Kamis (19/3) sore.

"Kabar gembira hari ini. Kasus 1 telah dinyatakan negatif 2 kali, kondisi sehat dan telah diperbolehkan pulang oleh Rumah Sakit Sardjito. Karena sudah terbukti negatif," jelasnya pada Jumat (20/3).

2. Meski sudah pulang, pasien masih terus dipantau

Kabar Gembira, Pasien Balita COVID-19 sudah Sembuh dan Boleh PulangIlustrasi ruang isolasi di RSUP dr Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Berty menerangkan, meski pasien yang bersangkutan sudah diperbolehkan pulang ke rumah, namun dari pihak RSUP Dr. Sardjito terus melakukan pemantauan. 

"Pasien Kasus 1 pulang kemarin sore, sudah diberikan edukasi dan masih dalam pemantauan oleh rumah sakit. Diberikan edukasi untuk meningkatkan imunitas dengan hidup sehat, tetap mengikuti imbauan pemerintah membatasi diri berkumpul dan keluar rumah," katanya.

3. Kedua orangtua sudah terlebih dahulu pulang dan dinyatakan negatif Covid-19

Kabar Gembira, Pasien Balita COVID-19 sudah Sembuh dan Boleh PulangKepala Hukum dan Humas RSUP Dr. Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Sebelumnya, Banu Hermawan, Kepala Hukum dan Humas RSUP Dr. Sardjito menjelaskan, kedua orang tua balita telah menunjukkan hasil negatif Covid-19, sejak Senin (16/3) pukul 18.30 WIB. Mereka sudah diperbolehkan pulang pada Rabu (18/3) sore.

"Sudah pulang, kedua orang tua dari balita positif Covid-19. Pulangnya kemarin sore," terangnya.

Baca Juga: RS Sardjito Terima Pasien Balita Pengawasan Covid-19

Topik:

  • Febriana Sintasari
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya