Comscore Tracker

Kuliah Mulai Juli, Warga Sleman Diharapkan Terima Kedatangan Mahasiswa

Mahasiswa yang masuk Sleman wajib bawa surat bebas COVID-19

Sleman, IDN Times - Diperkirakan pada bulan Juli mendatang, kegiatan perkuliahan di sejumlah perguruan tinggi di Kabupaten Sleman kembali berjalan. Berkaitan dengan hal tersebut, Bupati Sleman, Sri Purnomo sudah mewajibkan bagi mahasiswa yang kembali ke Sleman terlebih dahulu mencari surat keterangan bebas COVID-19.

1. Kabupaten Sleman berkoordinasi dengan perguruan tinggi

Kuliah Mulai Juli, Warga Sleman Diharapkan Terima Kedatangan MahasiswaBupati Sleman, Sri Purnomo. IDN Times/Siti Umaiyah

Saat ini, Kabupaten Sleman telah berkoordinasi dengan seluruh perguruan tinggi di Sleman, baik swasta mau pun negeri untuk persiapan dimulainya perkuliahan. 

Sri Purnomo juga mensyaratkan bagi mahasiswa yang akan kembali kuliah di Sleman wajib membawa surat bebas COVID-19 dengan melakukan rapid test minimal seminggu sebelum kembali ke Sleman.

"Pada bulan Juli, kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi rencananya sudah dimulai. Bagi mahasiswa yang akan masuk Sleman, harus melakukan rapid test dengan batas satu minggu sebelum masuk Sleman," ungkapnya pada Jumat (25/5). 

Baca Juga: Kasus Positif COVID-19 di DIY Menurun,  Ini Pendapat Epidemiolog UGM

2. Jangan ada penolakan terhadap mahasiswa yang kembali

Kuliah Mulai Juli, Warga Sleman Diharapkan Terima Kedatangan MahasiswaPexels/Polina Zimmerman

Sri Purnomo mengingatkan kepada semua masyarakat, khususnya di daerah yang banyak terdapat indekos untuk bersiap dengan kedatangan mahasiswa. Dia berpesan jangan sampai ada masyarakat yang menolak kehadiran mahasiswa yang ingin kembali belajar.

"Kepada Kepala Desa atau masyarakat, mahasiswa adalah bagian dari keluarga dan masyarakat kita. Jangan sampai nanti ada penolakan untuk mahasiswa ketika mereka ingin kembali ke tempat indekos," terangnya.

3. Mahasiswa yang kembali diharuskan lakukan test terlebih dahulu

Kuliah Mulai Juli, Warga Sleman Diharapkan Terima Kedatangan MahasiswaPenumpang batalkan tiket angkutan mudik lebaran di Stasiun Cirebon. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Bupati menekankan, mahasiswa yang kembali ke Sleman sudah harus melakukan rapid test terlebih dahulu dengan hasil non-reaktif. Hal itu juga merupakan salah satu syarat sebelum naik naik kereta mau pun pesawat, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut.

Menurut Sri Purnomo, dengan kembalinya mahasiswa ke Sleman akan membantu menggerakkan roda perekonomian, utamanya di bidang jasa.

"Mereka datang menggunakan pesawat sampai di Yogyakarta, secara logika ya mereka sudah dibekali keterangan sehat karena mereka telah lolos bisa naik," paparnya. 

Baca Juga: Masuk Sleman, Dinkes Wajibkan Mahasiswa Bawa Surat Bebas COVID-19

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya