Comscore Tracker

7 Ibu Hamil di Sleman Positif COVID-19 Selama Pandemik

Semua ibu hamil yang akan lahir harus tes virus corona

Sleman, IDN Times - Ada tujuh ibu hamil dinyatakan terpapar COVID-19 selama pandemik virus corona berlangsung di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hartaryo mengatakan, jumlah tersebut diketahui ketika ibu hamil menjalani tes swab, sebelum mereka proses persalinan dilakukan.

Baca Juga: Viral Video Polisi di Tulungagung Bantu Pasien Ibu Hamil

1. Syarat ibu hamil sebelum melahirkan di rumah sakit harus tes COVID-19

7 Ibu Hamil di Sleman Positif COVID-19 Selama PandemikIlustrasi (Dok.Humas Jabar)

Joko menjelaskan Pemerintah Kabupaten Sleman memang mensyaratkan hasil tes COVID-19 bagi ibu hamil dua minggu sebelum perkiraan kelahiran. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi ibu dan bayi serta tenaga kesehatan dari virus corona.

"Angka yang positif bersalin tercatat tujuh, dia sifatnya bersalin dengan COVID-19. Dua minggu sebelum perkiraan lahir kita tes, syarat di Sleman gitu," ungkap dia, Rabu, 25 September 2020 lalu.

2. Jika hasil tes positif COVID-19, maka ibu hamil langsung dirawat di rumah sakit

7 Ibu Hamil di Sleman Positif COVID-19 Selama PandemikIlustrasi (ANTARA FOTO/Fauzan)

Joko menjelaskan, ketika hasil rapid test menujukan hasil reaktif, maka ibu hamil tersebut langsung dirawat di rumah sakit. Jika hasil tes positif virus corona, maka akan dilakukan penanganan lanjutan.

"Sejak ibu hamil reaktif langsung ditangani di rumah sakit. Penanganan dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, ruang persalinan juga disiapkan khusus," terang dia.

3. Ibu hamil jadi prioritas tes COVID-19 di Sleman

7 Ibu Hamil di Sleman Positif COVID-19 Selama PandemikIlustrasi rapid test (IDN Times/Nofika Dian Nugroho)

Menurut Joko, ibu hamil menjadi salah satu sasaran prioritas yang terus dikejar untuk tes COVID-19, karena ibu hamil dan bayi yang akan dilahirkan merupakan kelompok rentan.

"Ibu hamil ini di Sleman adalah sasaran prioritas. Kita berikan perhatian lebih karena juga termasuk kelompok rentan," kata dia.

Baca Juga: Ibu Hamil di Penajam Paser Utara Terkonfirmasi Positif COVID-19

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya