Selama Pandemik, Dinkes Sleman Temukan 7 Ibu Hamil Positif COVID-19

Ibu hamil di-swab jelang melahirkan

Sleman, IDN Times - Selama pandemik virus corona berlangsung, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman telah mencatat ada tujuh ibu hamil yang positif terpapar COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hartaryo menjelaskan jumlah tersebut diketahui ketika ibu hamil yang bersangkutan diuji swab sebelum proses persalinan dilakukan.

Baca Juga: Jumlah Ibu Hamil di DIY Terpapar COVID Bertambah Lagi    

1. Sifatnya bersalin dengan COVID-19

Selama Pandemik, Dinkes Sleman Temukan 7 Ibu Hamil Positif COVID-19freepik.com/senivpetro

Joko menjelaskan , Pemerintah Kabupaten Sleman memang menyaratkan hasil tes COVID-19 bagi ibu hamil 2 minggu sebelum perkiraan kelahiran. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi ibu dan bayi serta tenaga kesehatan.

"Angka yang positif bersalin tercatat tujuh, dia sifatnya bersalin dengan COVID-19. Dua minggu sebelum perkiraan lahir kita tes, syarat di Sleman gitu," ungkapnya pada Rabu (25/9/2020) lalu.

2. Ketika reaktif langsung dilakukan perawatan

Selama Pandemik, Dinkes Sleman Temukan 7 Ibu Hamil Positif COVID-19Ilustrasi tenaga kesehatan. ANTARA FOTO/Fauzan

Joko menjelaskan, ketika hasil rapid test menujukan hasil reaktif, maka ibu hamil tersebut akan lansung dilakukan perawatan di rumah sakit. Nantinya jika hasil positif, akan dilakukan penanganan lanjutan.

"Sejak ibu hamil reaktif langsung ditangani di rumah sakit. Penanganan dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, ruang persalinan juga disiapkan khusus," terangnya.

3. Ibu hamil jadi sasaran prioritas

Selama Pandemik, Dinkes Sleman Temukan 7 Ibu Hamil Positif COVID-19pixabay.com/pexels

Menurut Joko, ibu hamil sendiri menjadi salah satu sasaran prioritas yang terus dikejar untuk tes COVID-19. Hal tersebut dikarenakan ibu hamil dan bayi yang nanti dilahirkan merupakan kelompok yang rentan.

"Ibu hamil ini di Sleman adalah sasaran prioritas. Kita berikan perhatian lebih karena juga termasuk kelompok rentan," paparnya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Sleman Terus Meningkat, Apa Langkah Pemkab?

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya