Sempat Tolak RUU KPK, UII Dukung Artidjo Alkostar Jadi Dewan Pengawas KPK

Artidjo digadang-gadang jadi Dewan Pengawas KPK

Sleman, IDN Times - Meski sempat menolak adanya Revisi Undang-undang mengenai Komisi Pemberantasan Korupsi (RUU KPK), Universitas Islam Indonesia (UII) tetap mendukung jika Artidjo Alkostar dianagkat menjadi Dewan Pengawas KPK.

Rektor UII, Fathul Wahid menyatakan pihaknya mendukung Artidjo yang saat ini masih aktif menjadi dosen UII menjadi Dewan Pengawas KPK, jika untuk kebaikan masyarakat.  

Baca Juga: Dewan Pengawas Dilantik Pekan Ini, Wakil Ketua KPK: Gak Ada Persoalan

1. Rektor UII serahkan keputusan ke Artidjo

Sempat Tolak RUU KPK, UII Dukung Artidjo Alkostar Jadi Dewan Pengawas KPKRektor UII. Dok: uii.ac.id

Fathul menerangkan, alasan pihaknya memberikan dukungan terhadap Artidjo tidak lain pertimbangan kebaikan untuk masyarakat. Menurutnya, apa pun keputusan Artidjo, pihaknya tetap mendoakan.

"Kemarin kita memang menolak RUU KPK, tapi kata kuncinya cuma kebaikan, makanya kita lihat nanti. Kebaikan kan ada dua hal, kalau sama-sama mudhorot ambil yang paling baik kan begitu. Ya kalau Pak Ar berkenan kita doakan. Mudah-mudahan bisa membantu karena proses kan juga masih panjang. Intinya adalah untuk kebaikan," ungkapnya pada Rabu (18/12).

2. Proses pengajuan Judicial Review di MK masih berjalan

Sempat Tolak RUU KPK, UII Dukung Artidjo Alkostar Jadi Dewan Pengawas KPK(Mantan hakim agung Artidjo Alkostar) IDN Times/Santi Dewi

Mengenai pengajuan Judicial Review RUU KPK, Fathul menerangkan jika sampai sekarang masih tetap jalan di MK. Menurutnya, jika Artidjo diangkat sebagai Dewan Pengawas, hal tersebut merupakan hak personal.

"Untuk Judicial Review tetap jalan. (Isu pengangkatan Artidjo, red) itu kan personal. Sebagai warga UII kalau itu punya peluang untuk memperbaiki ya kita dukung, yang menentukan Pak Ar. Beliau sekarang sudah pensiun secara administratif, tapi masih mengajar," terangnya.

3. Mahfud MD sebut belum tahu secara resmi nama-nama Dewan Pengawas KPK

Sempat Tolak RUU KPK, UII Dukung Artidjo Alkostar Jadi Dewan Pengawas KPKMahfud MD. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, Menteri Politik, Hukum dan Hak Asasi Manusia, Mahfud MD saat ditemui seusai mengikuti kegiatan di UIN Sunan Kalijaga menyebutkan, sampai dengan saat ini dirinya belum tahu secara pasti siapa saja yang akan menjadi Dewan Pengawas KPK. Mahfud menyatakan siapa pun pilihan Presiden adalah seseorang yang memang memiliki integritas.

"Kita belum tahu secara resmi. Oleh sebab itu belum bisa komentar kalau belum resmi. Siapa saja yang dianggap baik oleh Presiden tentang Dewan Pengawas. Presiden punya ukuran sendiri, beliau akan pilih orang yang berintegritas, bersih dan membuat masyarakat percaya," terangnya.

Baca Juga: Artidjo Alkostar Hingga Eks Pimpinan Ruki Jadi Calon Kuat Dewas KPK

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya