Comscore Tracker

9 Siswa SMP 1 Turi Meninggal dan 1 Masih Hilang di Sungai Sempor 

Jika belum ditemukan, Pasukan Katak TNI AL akan diterjunkan

Sleman, IDN Times - Tim pencarian terus menyusuri Sungai Sempor, Donokerto, Sleman, Yogyakarta untuk mencari siswa SMP Negeri 1 Turi yang hanyut saat kegiatan Pramuka, Jumat kemarin. 

Hingga pencarian hari ini, Sabtu (22/2) pukul 10.52 WIB, tim sudah berhasil menemukan 9 korban meninggal di aliran Sungai Sempor.

Kabid Humas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta Kombes Yulianto menyebutkan, tinggal 1 korban lagi yang saat ini masih dalam pencarian.

Baca Juga: Kronologi Tragedi Susur Sungai yang Tewaskan 6 Siswa SMP N 1 Turi

1. Dua korban ditemukan sejauh 3 km dari lokasi kejadian

9 Siswa SMP 1 Turi Meninggal dan 1 Masih Hilang di Sungai Sempor Pencarian siswa yang terbawa arus saat susur sungai Sempor masih dilanjutkan di Sleman Yogyakarta - IDN Times/Siti Umaiyah

Yulianto mengatakan, dua korban terakhir ditemukan di Dam Lengkong dan Polowodi yang lokasinya 3 km dari lokasi awal kejadian. Kedua korban yang ditemukan tersebut berjenis kelamin perempuan.

"Dua korban terakhir ditemukan sejauh 3 km dari lokasi kejadian. Ditemukan pukul 10.15 dan 10.35 WIB. Tinggal satu korban lagi yang masih dalam pencarian," ujar Yulianto.

2. Tim pencarian menyusuri sungai sepanjang 27 km

9 Siswa SMP 1 Turi Meninggal dan 1 Masih Hilang di Sungai Sempor Pencarian siswa yang terbawa arus saat susur sungai Sempor, Sleman Yogyakarta - IDN Times/Siti Umaiyah

Bupati Sleman Sri Purnomo menjelaskan, setidaknya ada 7 tim gabungan yang diterjunkan untuk menyusuri aliran Sungai Sempor. Satu tim terdiri dari 30-40 orang.

Menurut Sri Purnomo, di lapangan tim akan menyusuri aliran sungai sepanjang 27 km yang memanjang dari mulai Turi sampai Gamping.

"Tujuh satuan tingkat akan dibagi untuk menyusuri 27 km. Mudah-mudahan nanti bisa segera ditemukan. Dibantu TNI, Polri, Basarnas, relawan, tidak hanya dari DIY, tapi dari Jawa Timur, Jakarta, perwakilan pada datang membantu," ungkapnya

3. Pasukan katak siap diterjunkan

9 Siswa SMP 1 Turi Meninggal dan 1 Masih Hilang di Sungai Sempor Bupati Sleman, Sri Purnomo. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Sri Purnomo, jika nanti para korban tidak kunjung ditemukan, dari TNI Angkatan Laut akan menerjunkan Pasukan Katak. Pasukan Katak tersebut nantinya akan menyelam ke dalam palung-palung yang ada di aliran Sungai Sempor.

"Dalam waktu 3 jam lebih sedikit, kita akan terjunkan Pasukan Katak dari Angkatan Laut. Ada palung yang akan diselami oleh ahlinya," ungkap Sri Purnomo.

Baca Juga: 6 Siswa SMP 1 Turi Tewas, Sultan Larang Warga Aktivitas di Sungai

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya