UGM Siapkan 3 Jalur Masuk Seleksi Mahasiswa Baru

Kuota SNMPTN hanya 25 persen

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) telah menyediakan tiga jalur masuk bagi calon mahasiswa baru program Sarjana tahun 2020. Ketiga jalur tersebut yakni SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan Ujian Masuk (UM) UGM.

Baca Juga: Ini Alasan Unggahan Foto Pengurus Perempuan JMG UGM Diblur

1. Kuota 40 persen disiapkan untuk jalur UM UGM

UGM Siapkan 3 Jalur Masuk Seleksi Mahasiswa BaruKepala Humas dan Protokol UGM. IDN Times/Siti Umaiyah

Kepala Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani menjelaskan, pihaknya telah menyediakan kuota bagi mahasiswa baru sebanyak 25 persen untuk jalur SNMPTN, 35 persen untuk jalur SBMPTN dan 40 persen untuk jalur UM UGM.

"Untuk prosentase daya tampung mahasiswa baru sesuai dengan Permendikbud No. 6 Tahun 2020 Tentang Penerimaan Mahasiswa baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi. Selain itu terdapat surat edaran dari Tim pelaksana LTMPT kepada Rektor PTN-Badan Hukum di seluruh Indonesia. Sehubungan dengan edaran itu kita menetapkan perubahan kuota daya tampung,” katanya.

2. Tak lolos SNMPTN, peserta bisa ikut SBMPTN atau UM UGM

UGM Siapkan 3 Jalur Masuk Seleksi Mahasiswa BaruHumas UGM

Iva menjelaskan, SNMPTN dilaksanakan serentak seluruh Indonesia. Seleksi ditentukan ditentukan dari prestasi akademik di sekolah. 

Nantinya bagi peserta yang belum lolos di jalur SNMPTN, masih mempunyai kesempatan menjadi mahasiswa UGM melalui jalur SBMPTN dan UM UGM. Adapun jalur SBMPTN akan dilaksanakan dengan sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer di bawah koordinasi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Hasil UTBK inilah yang akan digunakan sebagai bahan seleksi.

"UM UGM terdiri dari seleksi Ujian Tulis (UTUL) dan Jalur Prestasi. UTUL merupakan jalur seleksi masuk UGM yang menggunakan kombinasi hasil UTBK dan nilai UTUL yang diselenggarakan oleh UGM. Sementara untuk jalur prestasi terdiri dari seleksi Penelusuruan Bibit Unggul Kemitraan (PBUK), Penelusuruan Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) dan Penelusuruan Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)," terangnya.

3. Jangan percaya oknum yang janjikan masuk UGM

UGM Siapkan 3 Jalur Masuk Seleksi Mahasiswa BaruHumas UGM

Iva menerangkan, seleksi masuk UGM dilakukan dengan jujur dan transparan. Untuk itu, dirinya mengingatkan para orang tua yang ingin mendaftar kuliah anaknya ke UGM agar tidak percaya kepada orang yang mengaku bisa memasukkan putranya ke UGM. Selain itu, tidak ada pungutan selain biaya kuliah yang ada di laman resmi UGM dan laman resmi LTMPT.

“UGM juga tidak mengenal calon mahasiswa diterima cadangan atau diterima di kelas transisi dan kita hanya menerima mahasiswa S1 dan Diploma pada semester ganjil di bulan Agustus,” ungkapnya.

Baca Juga: UGM Jadi Universitas Terbaik Ketiga se-Asia Tenggara

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya