7 Upaya Azwar Anas Jadikan Banyuwangi Smart City, Bikin Bangga!

#IndonesiaWritersFestival Bakal jadi Silikon Valley lokal

Warga Indonesia khususnya Banyuwangi patut berbangga. Pasalnya, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berupaya serius untuk menjadikan daerahnya sebagai smart city

Mengutip pakar Institut Teknologi Bandung, Suhono, konsep garuda smart city memiliki tiga konsep. Yakni smart economy, smart environment, dan smart system platform. Inilah tujuh upaya yang dilakukan Anas untuk mewujudkan Banyuwangi sebagai smart city sebagaimana ia utarakan dalam pembukaan Indonesia Writers Festival (IWF) 2018 yang diselenggarakan IDN Media, Jumat dan Sabtu 21-22 September di Jiwa Jawa Resort, Banyuwangi.

1. Membangun semangat kolaborasi dengan para stakeholder

Mengembangkan perkotaan membutuhkan partisipasi dari seluruh pihak. Inilah yang betul-betul disadari oleh Anas. Maka model pembuatan kebijakan diubah dari top-down menjadi bottom-up.

"Model komunikasi pemda (pemerintah daerah) harus berubah. Pemda harus punya semangat berkolaborasi," tuturnya di hadapan IDN Times community writers.

2. Kearifan lokal perlu dijaga dengan baik

Menjaga adat istiadat adalah bagian dari pelestarian kearifan lokal. Bagi Bupati Banyuwangi, menjaga kearifan lokal itu wajib dilakukan. Anas mengusulkan, dalam rapat kerja daerah digelar anggota Real Estate Indonesia, setiap bangunan yang akan didirikan wajib disertai desain arsitektur yang merepresentasikan kearifan lokal Banyuwangi seperti rumah khas Osing.

Anas mengaku ia tak segan menolak izin mendirikan bangunan bila bangunan tersebut tak mengandung unsur arsitektur khas Banyuwangi.

3. Berani mewujudkan mimpi dengan mendirikan bandara

Blimbingsari adalah satu-satunya bandara yang berdiri di Banyuwangi. Azwar bermimpi, ada penerbangan langsung dari Jakarta menuju Banyuwangi dan sebaliknya. Ia sempat diremehkan, namun mimpi penerbangan langsung itu akhirnya terwujud pada tahun 2013.

Ekspansi bupati satu ini terus berlanjut. Ia berkeinginan agar tercipta rute baru penerbangan langsung dari Banyuwangi ke Singapura, dan sebaliknya. "Insya Allah tak lama lagi itu akan terwujud," terangnya.

Baca Juga: Keseruan Indonesia Writers Festival 2018, Berlatarkan Alam Banyuwangi

4. Membuat Banyuwangi diusulkan sebagai smart city di Indonesia

Setelah dilaksanakannya Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN pada bulan April lalu, Banyuwangi bersama Jakarta dan Makassar diusulkan masuk dalam jaringan kota pintar ASEAN, dalam program kerja sama ASEAN Smart Cities Network (ASCN). Menurut Anas, penilaian kota pintar tak hanya berdasarkan infrastruktur teknologi informasi tetapi juga perilaku masyarakat. Bikin bangga kan?

5. Membangun serat optik internet di 172 desa di Banyuwangi

Agar seluruh warga desa di Banyuwangi melek informasi dan internet, Anas bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk membangun serat optik di 172 desa. Ia melanjutkan, pembangunan internet cepat di desa-desa diharapkan bermanfaat untuk membangun platform bagi pelaku industri mikro dan menengah.

"Kami berharap ada digital creative yang berkoneksi dengan dunia seperti global village. Dari desa untuk dunia," imbuh Anas. Gak cuma itu, bupati yang menjabat sejak 21 Oktober 2010 itu juga akan menguatkan sumber daya manusia dengan menghadirkan guru-guru dari Amerika Serikat.

"Banyuwangi harus siap menerima orang-orang baru," pesannya.

6. Membangun hotel-hotel yang ramah lingkungan

Bandara Blimbingsari dikenal sebagai lapangan udara yang ramah lingkungan. Bangunan di bandara dibuat dari kayu-kayu.

Di lingkungan sekitar bandara, Pemkab Banyuwangi tak mengizinkan adanya bangunan tinggi secara masif. Namun, ada banyak penginapan dengan harga terjangkau yang bisa pengunjung temui di sekitar bandara.

7. Berencana membangun Silicon Valley di Banyuwangi

Silicon Valley adalah tempat di San Francisco, California, Amerika Serikat yamh menjadi pusat raksasa teknologi berdiri. Ada Google, Facebook, Twitter, hingga Apple bermukim di sana.

Tak ingin tertinggal dengan negeri adidaya tersebut, Anas bermimpi agar Banyuwangi memiliki Silicon Valley sendiri. Ia ingin membangun hub di kaki gunung Ijen. Ke depannya, ia mengaku akan segera memfasilitasi terwujudnya Silicon Valley di kotanya.

Itulah tujuh upaya yang dilakukan Anas untuk menjadikan Banyuwangi sebagai kota pintar. Keren kan?

Baca Juga: Begini Gaya Azwar Anas Cerita Pengalaman Lucunya Selama Jadi Bupati

Defrina Sukma Photo Verified Writer Defrina Sukma

masih malu-malu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya