1 Pasien Positif Virus Corona di Malaysia ke Indonesia 13 Februari

Pasien positif virus corona itu berada di Indonesia seminggu

Jakarta, IDN Times - Jumlah pasien baru positif virus corona di Malaysia, pada Sabtu (7/3) siang pukul 12.00 waktu setempat, bertambah 10 orang. Sepuluh pasien baru ini disebut kasus ke-84 hingga ke-93.

"Semua kasus ini telah dideteksi dan diasingkan untuk perawatan selanjutnya. Kontak-kontak dekat dengan kasus ini juga sedang dipastikan untuk investigasi dan pengambilan sampel selanjutnya," kata Dirjen Kesehatan Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) Noor Hisham Abdullah di Putrajaya, Malaysia, Sabtu.

Baca Juga: Virus Corona: Apa Itu Virus? Ini Asal Muasal dan Cara Terbentuknya

1. Satu pasien positif virus corona sempat berkunjung ke Indonesia selama sepekan, mulai 13 Februari

1 Pasien Positif Virus Corona di Malaysia ke Indonesia 13 FebruariPenumpang yang hendak masuk kereta disarankan menggunakan masker yang sudah disediakan. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Menurut Kementerian Kesehatan Malaysia, salah satu pasien virus corona sempat berkunjung ke Indonesia selama sepekan, mulai 13 Februari.

Pasien yang disebut sebagai kasus ke-78 itu, yang dilaporkan pada Jumat (6/3), diketahui terjangkit virus corona melalui hasil investigasi otoritas Malaysia.

"Kasus ini mempunyai sejarah perjalanan ke Indonesia selama tujuh hari mulai 13 Februari 2020 dan mulai bergejala pada 19 Februari 2020," Noor Hisham, dilansir Antara, Sabtu.

2. Sepuluh kasus baru virus corona pernah kontak dekat dengan penderita sebelumnya

1 Pasien Positif Virus Corona di Malaysia ke Indonesia 13 FebruariIDN Times/Candra Irawan

Sepuluh kasus baru virus corona itu, lanjut Noor Hisham, merupakan kontak dekat dengan kasus ke-33.

Empat penderita yaitu kasus ke-85, 86, 87, dan 93 merupakan generasi pertama kontak dekat dengan kasus ke-33.

Sementara itu, enam pasien baru ini merupakan generasi kedua, yang melakukan kontak dekat dengan kasus ke-33. Keenam orang itu adalah kasus ke-84, 88, 89, 90, 91, dan 92.

"Semua kasus ini telah dideteksi saat aktivitas pendeteksian kontak dan telah dimasukkan ke rumah sakit untuk diisolasi dan diberi perawatan selanjutnya," katanya.

3. Satu klaster yang terjangkit virus corona terkait dengan kasus ke-33

1 Pasien Positif Virus Corona di Malaysia ke Indonesia 13 FebruariIlustrasi rumah sakit (IDN Times/Wira Sanjiwani)

KKM juga menjalankan penyelidikan terbaru terhadap orang-orang yang melakukan kontak dekat dengan kasus ke-26.

KKM mendapati satu klaster jangkitan COVID-19 terkait dengan kasus ke-33, dan sebanyak 132 kontak dekat telah dipastikan terkait dengan kasus tersebut.

Dari jumlah itu, 18 orang telah dinyatakan positif dan kini masih dirawat di rumah sakit serta berada dalam keadaan stabil.

Sedangkan 38 kontak terdekat lainnya diuji dengan hasil negatif, dan diperintahkan berada dalam pengawasan di rumah selama 14 hari.

"Keputusan laboratorium bagi 76 lagi kontak dekat masih belum diperoleh, namun semua kontak dekat ini dilaporkan sehat dan diminta di bawah perintah pengawasan dan perhatian di rumah," kata Noor Hisham.

4. Jumlah kasus positif virus corona di Malaysia menjadi 93 kasus

1 Pasien Positif Virus Corona di Malaysia ke Indonesia 13 FebruariSeorang petugas belum lama ini melakukan desinfeksi di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, guna mencegah penyebaran virus corona. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Noor mengatakan, KKM masih menjalankan investigasi dan pendeteksian kontak dekat, untuk memastikan penyebab dan tempat para pasien terjangkit, guna mencegah penularan virus corona.

Dengan pertambahan 10 kasus baru itu, jumlah kumulatif kasus positif virus corona COVID-19 di Malaysia menjadi 93 kasus.

"Kasus-kasus positif ini adalah dari kalangan Patient-Under-Investigation (PUI) terjangkit COVID-19, kontak dekat, dan misi bantuan kemanusiaan," katanya.

https://www.youtube.com/embed/peYO9b8N3dA

Baca Juga: Positif Virus Corona, Palestina Tutup Kota Bethlehem untuk Wisatawan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya