2 Hari Kedatangan Jemaah Haji di Jeddah, Ini Kasus yang Terjadi 

Selama 2 hari, 6.934 jemaah dari 18 kloter tiba di Jeddah

Jeddah, IDN Times - Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Haryanto mengatakan, 18 kelompok terbang (kloter) jemaah haji Indonesia telah tiba di Bandara Internasional King Abdul Azis (KAAIA) Jeddah dalam 2 hari terakhir, sejak pemberangkatan jemaah haji gelombang kedua dimulai pada 8 Juni 2023. Dari 18 kloter tersebut, total jemaahnya berjumlah 6.934 orang.

Sebelumnya, pemerintah telah selesai memberangkatkan jemaah haji gelombang pertama, yang mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis Madinah. Total ada 100.002 jemaah haji dari 263 kloter yang mendarat di Madinah. Sebagian dari mereka saat ini telah masuk ke Kota Makkah, untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji yang diawali dengan umrah wajib.

Selanjutnya, mulai 8-22 Juni  2023, jemaah haji gelombang kedua diberangkatkan dari Tanah Air dan mendarat di Bandara KAAIA Jeddah.

Baca Juga: Zamzam, Air Suci Warisan Nabi Pelepas Dahaga di Masjid Nabawi

1. Jemaah haji sulit sidik jari

2 Hari Kedatangan Jemaah Haji di Jeddah, Ini Kasus yang Terjadi Kedatangan Jemaah Haji gelombang kedua di Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah (IDN Times/Sunariyah)

Haryanto menegaskan, selama 2 hari masa kedatangan jemaah haji di Jeddah, tidak ada kendala atau permasalahan berarti, kecuali masalah jemaah haji yang sulit sidik jari.

"Sampai dilakukan berulang-ulang (sidik jari), kemudian alhamdulillah sampai berapa kali saat ini sudah bisa dilakukan dan sudah bisa bergabung dengan kloternya menuju hotel," ujar Haryanto di Bandara KAAIA, Jeddah, Jumat (9/6/2023) malam.

2. Penempelan stiker maktab di paspor jemaah

2 Hari Kedatangan Jemaah Haji di Jeddah, Ini Kasus yang Terjadi Penempelan stiker maktab di paspor jemaah haji (IDN Times/Sunariyah)

Mengenai penempelan stiker maktab di paspor jemaah yang dilakukan di Bandara KAAIA, Haryanto mengatakan, hal itu karena ada keterlambatan pencetakan.

"Sebetulnya tahun kemarin dilakukan di Indonesia, tapi karena keterlambatan pembuatan stikernya itu, maka berdampak pada petugas PPIH Arab Saudi melakukan penempelan stiker (di bandara)," ujar Haryanto.

Dia menjelaskan, penempelan stiker maktab (tempat jemaah haji menginap) di paspor bertujuan untuk memudahkan bagian maktab atau petugas Al Wukalla melihat jemaah haji Indonesia tersebut ada di maktab berapa.

"Setelah tiba di maktab sesuai dengan maktabnya," jelas Haryanto.

Baca Juga: Tips Cegah Dehidrasi dan Tak Mudah Pikun bagi Jemaah Haji di Saudi

3. Keterlambatan penerbangan tak signifikan di Jeddah

2 Hari Kedatangan Jemaah Haji di Jeddah, Ini Kasus yang Terjadi Pesawat Saudi Arabia (IDN Times/Sunariyah)

Terkait keterlambatan penerbangan seperti yang terjadi di Madinah, Haryanto mnyatakan, di Bandara Jeddah keterlambatan tidak terlalu signifikan.

"Untuk keterlambatan penerbangan memang terjadi di beberapa kloter, kalau saya liat dari schedule memang ada beberapa revisi jadwal, tapi tidak terlalu signifikan hanya berubah antara kisaran 30 menit, 1 jam, 1,5 jam," jelasnya.

Keterlambatan itu, lanjutnya, tidak berdampak pada katering dan hal lainnya, karena pihaknya selalu berkoordinasi. "Jika ada keterlambatan maka (koordinasi) dengan katering," ucapnya.

Berbeda dengan masa kedatangan jemaah haji gelombang pertama di bandara Madinah yang berakhir 8 Juni lalu, pada kedatangan jemaah haji gelombang kedua di bandara Jeddah, jemaah haji mendapatkan makan begitu tiba dan langsung diantar menggunakan bis ke hotel tempatnya menginap di Makkah.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya