2 Jemaah Menunaikan Ibadah Haji Meski Tak Bisa Melihat 

Ahmat dan Darmiah sudah lama tidak bisa melihat

Madinah, IDN Times - Jumlah jemaah haji Indonesia pada 2023 ini melebihi kuota normal, setelah Pemerintah Arab Saudi menambahkan kuota 8.000 jemaah dari angka sebelumnya 221 ribu jemaah.

Hingga Minggu (4/6/2023) pukul 20.22 waktu Arab Saud, jemaah haji yang sudah berada di Makkah dan Madinah sebanyak 73.302 orang, dari 193 kelompok terbang (kloter).

Dari ribuan jemaah haji tersebut, 2 orang diketahui tunanetra atau buta. Keduanya bernama Ahmat Suyuti Marni dari Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur dan Darmiah Muhammad Amin dari Aceh Utara.

Baca Juga: Darmiah, Jemaah Haji yang Tak Bisa Melihat Tapi Sampai di Tanah Suci 

1. Bersyukur bisa naik haji meski tak dapat melihat

2 Jemaah Menunaikan Ibadah Haji Meski Tak Bisa Melihat Ibu Siti berangkat haji bersama suaminya yang tak bisa melihat (IDN Times/Sunariyah)

Ahmad Suyuti diketahui tidak bisa melihat saat diantar petugas naik ke dalam bus. Kepada IDN Times, dia mengaku sudah lama tidak bisa melihat. Kendati demikian, dia sangat bersyukur bisa menunaikan ibadah haji tahun ini. Apalagi dia berangkat haji bersama istri tercinta, yang setia menemami di sampingnya.

"Senang, alhamdulillah bisa berangkat haji," ujar Siti Mu'ayah Kasbi, yang duduk di samping suaminya.

Ahmat Suyuti bersama istrinya berangkat dari embarkasi Surabaya (SUB) kloter 23.

2. Sudah lama tidak bisa melihat

2 Jemaah Menunaikan Ibadah Haji Meski Tak Bisa Melihat Jemaah haji asal embarkasi Aceh yang tak bisa melihat tapi tetap sampai di Tanah Suci (IDN Times)

Sementara Darmiah berangkat dari embarkasi Aceh (BTJ) kloter 8. Darmiah yang saat ini berusia 67 tahun, keluar dari pintu pemeriksaan Imigrasi Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMMA) Madinah menggunakan kursi roda dan kaca mata hitam.

Saat mengambil alih kursi rodanya untuk didorong keluar dari Terminal Haji menuju mobil yang akan membawanya ke paviliun bandara, IDN Times tak menyangka Darmiah tak bisa melihat. Namun setelah berbincang, Darmiah mengungkapkan bahwa dia sudah lama tidak bisa melihat.

Baca Juga: Tips Mencegah Kehilangan Sandal dan Kaki Melepuh di Tanah Suci 

3. Saat daftar haji masih bisa melihat

2 Jemaah Menunaikan Ibadah Haji Meski Tak Bisa Melihat Jemaah haji asal Aceh tak bisa melihat (IDN Times/Sunariyah)

Darmiah mengalami buta sejak 6 tahun terakhir akibat penyakit glaukoma. Saat mendaftar haji 11 tahun lalu dia masih bisa melihat.

"Sudah enam tahun. (Saat daftar haji) masih sehat, masih bisa melihat," ujarnya, Rabu (31/6/2023) di Bandara AMMA Madinah.

Darmiah mengungkapkan berasal dari Lhoksukon, Aceh Utara. Dia berangkat haji bersama suami dan adiknya.

Selama penerbangan dari Aceh sampai Madinah, Darmiah mengungkapkan kondisinya sehat-sehat. Namun saat keluar dari pesawat, Darmiah terpisah dari keluarganya. Ia sempat mencari suami dan adiknya saat berada di luar terminal bandara.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya