382 Jemaah Haji Kloter Pertama Tiba di Madinah

Jemaah bersyukur akhirnya sampai ke Tanah Suci

Madinah, IDN Times - Jemaah haji Indonesia kelompok terbang pertama yang berasal dari embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) telah tiba di Bandara Muhammad bin Abdul Azis (AMMA) Madinah, Arab Saudi.

Berdasarkan manifes penerbangan Garuda Indonesia GA7301, total jumlah penumpang dalam kloter pertama ini 390 orang, yang terdiri dari 382 jemaah dan delapan petugas. Dari total jemaah, 163 orang merupakan laki-laki dan 219 perempuan.

Jemaah haji kloter pertama ini mendarat di Bandara AMMA Madinah pukul 06.40 waktu setempat. Terdapat 185 jemaah lanjut usia (lansia).

Para jemaah keluar dari bandara melalui Terminal Fast Track, yakni jalur cepat tanpa pemeriksaan sidik jari dan bio bisa Imigrasi Saudi.

Pantauan IDN Times di lokasi, tampak senyum semringah sekaligus terharu di wajah para jemaah. Mereka berucap syukur telah tiba di Madinah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji.

"Uh seneng banget, Alhamdulillah sampai di Madinah," ujar ibu Intia asal Mampang, Jakarta Selatan.

Ibu Intia yang saat ini berusia 60 tahun dan sehari-hari berdagang pecel ayam, mengaku sudah mendaftar haji sejak akhir 2011, dan akhirnya bisa ke Tanah Suci 2023.

Baca Juga: 54 Perusahaan Katering Dikontrak untuk Layani Jemaah Haji di Makkah

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya