5 SPLP dan 1 Paspor Asli Diterbitkan di Arab Saudi untuk Jemaah Haji

Satu jemaah haji tertukar paspornya 

Jeddah, IDN Times - Seorang jemaah haji tertukar paspornya sehingga sempat tertahan di Imigrasi Bandara Amir Muhamad bin Abdul Azis (AMAA) Madinah, Arab Saudi. Jemaah bernama Karti Karto Prawiro dari kelompok terbang (kloter) Jakarta Bekasi (JKS) 37 salah membawa paspor atas nama jemaah lain. Dia mendarat di bandara Madinah pada hari terakhir kedatangan jemaah haji gelombang pertama Kamis 8 Juni 2023 pukul 02.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

Saat sampai di loket pemeriksaan Imigrasi bandara, Karti ternyata membawa paspor atas nama Dewi Yansi Ejot. Ia pun diperiksa cukup lama dan tak bisa keluar dari bandara.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Haryanto mengatakan, kasus paspor tertukar ini sudah ditangani. Untuk mengeluarkan Karti dari bandara, petugas PPIH bekerja sama dengan KJRI Jeddah membuatkan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) untuk Karti.

"Harus dibuatkan SPLP yang selanjutnya juga harus ada paspor aslinya. Kita lakukan koordinasi, ternyata memang betul itu tertukar paspornya," ujar Haryanto di Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah, Jumat (9/6/2023) malam.

Tak menunggu lama, paspor Karti sudah dibawa oleh ketua kloter JKS 40, dan langsung diantar ke Madinah oleh petugas PPIH Daker bandara. Karti pun sudah keluar dari bandara dan bergabung dengan kloternya di Madinah.

Baca Juga: Zamzam, Air Suci Warisan Nabi Pelepas Dahaga di Masjid Nabawi

1. Daker bandara keluarkan 5 SPLP untuk jemaah haji

5 SPLP dan 1 Paspor Asli Diterbitkan di Arab Saudi untuk Jemaah HajiSPLP untuk jemaah haji (IDN Times/Sunariyah)

Haryanto mengungkapkan, selama kedatangan jemaah haji di bandara Madinah, 24 Mei - 8 Juni 2023, pihaknya sudah mengeluarkan 5 SPLP untuk jemaah haji.

"Kalau tidak diterbitkan SPLP seperti ada jemaah yang kehilangan paspor atau ketinggalan, maka jemaah itu tidak bisa dikeluarkan dari Imigrasi bandara. Agar bisa dikeluarkan maka diterbitkan SPLP sementara, tapi tetap harus ada paspor aslinya," ujar Haryanto.

Untuk paspor jemaah yang ketinggalan, biasanya dititipkan di kloter berikutnya. Tapi jika paspor benar-benar hilang, maka harus dibuatkan paspor baru dan dikenakan biaya.

2. Hanya 1 jemaah haji yang dibuatkan paspor asli, prosesnya panjang dan dikenakan biaya

5 SPLP dan 1 Paspor Asli Diterbitkan di Arab Saudi untuk Jemaah HajiPaspor jemaah haji ditempeli stiker maktab (IDN Times/Sunariyah)

Haryanto menjelaskan, hingga saat ini baru terjadi 1 kasus pembuatan paspor asli untuk jemaah haji di Arab Saudi.

Berbeda dengan penerbitan SPLP, untuk pembuatan paspor asli dikenakan biaya dan ada mekanismenya.

"Itu mekanisme (pembuatannya) kita harus mendatangkan dari Imigrasi KJRI Jeddah untuk mencetak persis seperti paspor asli, itu juga dikenakan biaya resmi, ada aturannya," beber Haryanto.

Karena lebih ribet dari penerbitan SPLP, Haryanto berharap tidak terjadi lagi kasus penerbitan paspor untuk jemaah haji.

"Mudah-mudahan ke depan tidak ada, itu prosesnya panjang dan pakai biaya. Kalau SPLP tidak butuh biaya tapi sifatnya hanya sementara," ujarnya.

Baca Juga: Tips Cegah Dehidrasi dan Tak Mudah Pikun bagi Jemaah Haji di Saudi

3. Ada 115.516 jemaah haji di Arab Saudi

5 SPLP dan 1 Paspor Asli Diterbitkan di Arab Saudi untuk Jemaah HajiKedatangan Jemaah Haji gelombang kedua di Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah (IDN Times/Sunariyah)

Operasional misi haji di bandara Madinah sudah berakhir pada 8 Juni 2023. Selanjutnya jemaah haji gelombang kedua mendarat di bandara Jeddah, mulai 8-22 Juni 2024.
Haryanto mengungkapkan, dalam 2 hari sudah 6.934 jemaah haji dari 18 kloter yang tiba di Jeddah.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, hingga Sabtu (10/6/2023) pukul 10.51 waktu Arab Saudi, sudah 115.516 jemaah haji yang ada di Arab Saudi. Mereka berasal dari 304 kloter dan tersebar di Kota Madinah dan Makkah. Dari jumlah tersebut, 34.999 orang merupakan jemaah haji lanjut usia (lansia).

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya