54 Perusahaan Katering Dikontrak untuk Layani Jemaah Haji di Makkah

Jemaah dapat tiga kali makan di Makkah

Makkah, IDN Times - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah mengontrak 54 perusahaan atau dapur katering, untuk melayani jemaah haji Indonesia saat berada di Makkah.

Untuk memastikan kesiapan dapur, dilakukan uji kompetensi juru masak dan demo masak menu Nusantara yang dihadiri Sekretaris Daker Makkah Tawwabuddin, Kasi Katering Daker Makkah Beny Darmawan, dan petugas pengawas katering Dadang Suratman dari praktisi Seni Kulinar (Poltekpar NHI Bandung).

"Kita kumpulkan dapur katering untuk kembali menyamakan persepsi menu masak harian bercita rasa Nusantara, yang sudah ditentukan oleh Tim Penyedia Konsumsi," ujar Kepala Daker Makkah Khalilurrahman saat memberikan arahan pada giat praktik memasak menu Nusantara di Makkah, Selasa (23/5/2023).

Baca Juga: 393 Jemaah Haji Kloter 1 Tiba di Madinah Pukul 06.20, Jalur Fast Track

1. Uji kompetensi juru masak berlangsung dua hari

54 Perusahaan Katering Dikontrak untuk Layani Jemaah Haji di MakkahKepala Daker Makkah Khalilurrahman memberikan arahan pada giat praktik memasak menu Nusantara di Makkah (Dok. Kemenag)

Uji kompetensi juru masak ini diikuti seluruh penanggung jawab dan juru masak 54 dapur penyedia katering, dan berlangsung selama dua hari, 23 - 24 Mei 2023.

Hari pertama, demo masak dilakukan oleh 27 dapur katering. Sementara 27 dapur lainnya mengikuti demo masak pada hari kedua. Dapur-dapur katering ini akan mulai memberikan layanan sejak awal kedatangan jemaah haji Indonesia di Makkah pada 2 Juni 2023.

2. Selama di Makkah, jemaah dapat tiga kali makan

54 Perusahaan Katering Dikontrak untuk Layani Jemaah Haji di MakkahIlustrasi Jamaah Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Menurut Khalilurrahman, selama di Makkah, jemaah akan mendapatkan tiga kali makan dalam sehari, yakni sarapan, makan siang, dan makan malam. Untuk sarapan pagi, ada tiga jenis menu utama, yaitu nasi uduk dan orek tempe cabe, nasi goreng dan teri kacang balado, nasi kuning dan telur dadar daun bawang cabe merah.

Untuk makan siang, ada empat varian menu utama yang di praktekan, yaitu Ikan Patin Goreng Bumbu Rajang dan Tumis Timun Wortel, Ayam Goreng Saus Mentega dan Tumis Wortel Kacang Polong, Ikan Tuna Cabe Hijau dan Terong Balado, serta Ikan Patin Bumbu Balado dan Tumis Jamur Cabe Hijau.

3. Ada tiga jenis menu utama untuk makan malam

54 Perusahaan Katering Dikontrak untuk Layani Jemaah Haji di MakkahKepala Daker Makkah Khalilurrahman saat memberikan arahan pada giat praktik memasak menu Nusantara di Makkah (Dok. Kemenag)

Sementara untuk makan malam, ada tiga jenis menu utama yang dipraktikan, yaitu Ikan Fillet Dori Goreng dan Terong Balado, Daging Sapi Lada Hitam dan Kentang Mustofa, serta Ayam Gulai dan Oseng Tempe Cabe Merah.

"Menu bercita rasa Nusantara ini kita sajikan agar bisa dinikmati oleh jemaah haji Indonesia selama di Makkah," ujar Khalilurrahman.

Baca Juga: Kemenag: Katering Jemaah Haji di Saudi 30 Persen Bahan Harus dari RI

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya