Anies Bertemu Direktur 8 Perusahaan Inggris Jajaki Peluang Investasi 

Anies akan ubah paradigma car oriented development

Jakarta, IDN Times - Demi mendapatkan peluang investasi proyek MRT East-West Line, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar diskusi dengan delapan perusahaan swasta di London, Inggris pada Jumat, 14 Mei 2022 lalu.

Dalam diskusi bertajuk "Building Sustainable MRTJ East West Corridor" yang difasilitasi Departemen Perdagangan Internasional Inggris itu, Anies memaparkan rencana pembangunan proyek MRT East-West Line, yakni fase 3 koridor timur-barat dan fase 4 Fatmawati-TMII. Diskusi ini juga dihadiri oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar.

Baca Juga: Anies Bertolak ke Eropa Malam Ini, Jajaki Kerja Sama Pembiayaan MRT

1. Anies akan ubah paradigma car oriented development jadi transit oriented development

Anies Bertemu Direktur 8 Perusahaan Inggris Jajaki Peluang Investasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wali Kota Bogor Bima Arya meninjau Stasiun Bogor, Senin (15/6) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Saat membuka diskusi, Anies menjelaskan rencana masa depan pembangunan Jakarta yang berbasis transportasi publik dan berorientasi transit.

"Persoalan utama selama bertahun-tahun di Jakarta adalah pembangunannya selalu berorientasi pada mobil (car oriented development). Saat ini dan ke depannya, kami akan mengubah paradigma tersebut menjadi transit oriented development," kata Anies seperti dilansir ANTARA, Minggu (15/5/2022).

Dengan diubahnya paradigma tersebut, Anies mengungkapkan, pihaknya juga merestrukturisasi ulang transportasi publik di Jakarta, peraturan zona pembangunan, serta tata kota untuk merefleksikan pendekatan berbasis kawasan berorientasi transit.

"Semua itu telah kami lakukan empat tahun terakhir. Kami ingin membangun sistem transportasi publik yang dapat mencakup seluruh area di Jakarta, yang terintegrasi satu sama lain serta terjangkau," ucapnya.

2. Delapan perusahaan Inggris paparkan dukungan yang bisa diberikan

Anies Bertemu Direktur 8 Perusahaan Inggris Jajaki Peluang Investasi IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Setelah Anies menyampaikan pemaparannya, secara bergiliran delapan perwakilan perusahaan Inggris memaparkan kapasitas dan dukungan yang dapat berikan untuk akselerasi pembangunan MRT Jakarta fase 3 dan 4.

Pertemuan ini merupakan komitmen tindak lanjut atas kunjungan Menteri Perdagangan Internasional Inggris Rt Hon Anne-Marie Trevelyan MP pada Februari 2022 lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Trevelyan berjanji akan memfasilitasi pertemuan antara Pemprov DKI Jakarta dan pelaku industri perkeretaapian di Kerajaan Inggris, untuk mengeksplorasi perusahaan Inggris agar berkontribusi dalam perkembangan industri perkeretaapian di Kota Jakarta.

"Tidak kurang dari delapan perusahaan sektor perkeretaapian Inggris telah mendengarkan langsung rencana pengembangan MRT Jakarta, khususnya fase 3 koridor timur-barat dan fase 4 koridor Fatmawati-TMII," ucap William.

3. Berikut delapan perusahaan yang berdiskusi dengan Anies

Anies Bertemu Direktur 8 Perusahaan Inggris Jajaki Peluang Investasi Ilustrasi MRT (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Menurut William, pertemuan yang dihadiri oleh direktur delapan perusahaan besar Inggris, yaitu Crossrail International, XRail Group, Arup, Colas Rail, BDP, Alstom, Mott MacDonald, dan Standard Chartered Bank yang turut didampingi oleh UK Export Finance dan Departemen Perdagangan Internasional Inggris ini, juga membuka kesempatan kerja sama lainnya.

"Seperti pengembangan kawasan berorientasi transit, kawasan integrasi antarmoda sesuai fungsi MRT Jakarta seperti city regenerator," tutur William

Baca Juga: Reaksi PSI Dengar Anies Kunker Keliling Eropa Jelang Akhir Jabatan 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya