Bawaslu dan DPR Bahas PKPU dan Anggaran Pemilu 2024 di Rapat Hari Ini

Rahmat Bagja dilantik jadi Ketua Bawaslu Selasa, 11 April 2

Jakarta, IDN Times - Ketua Bawaslu RI yang baru saja dilantik, Rahmat Bagja mengatakan, Bawaslu dan DPR akan menggelar rapat dengar pendapat tentang Peraturan KPU (PKPU) dan anggaran Pemilu 2024 pada hari ini, Rabu (13/4/2022).

"Pembicaraan masalah pembahasan rapat dengar pendapat untuk besok hari mengenai PKPU tahapan-tahapan yang akan dibahas, kemudian kedua adalah mengenai anggaran pemilihan umum yang akan dibicarakan," kata Rahmat Bagja, seperti dilansir ANTARA, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga: Rahmat Bagja Jadi Ketua Bawaslu RI Periode 2022-2027

1. Bawaslu telah bahas soal PKPU dan anggaran pemilu dalam rapat pleno pertama

Bawaslu dan DPR Bahas PKPU dan Anggaran Pemilu 2024 di Rapat Hari IniLogo Bawaslu (tangerangselatankota.bawaslu.go.id)

Sebelumnya, anggota Bawaslu periode 2022-2027 telah membicarakan soal PKPU dan anggaran pemilihan umum dalam rapat pleno pertama usai dilantik sebagai anggota Bawaslu RI.

"Nah itulah yang kita bicarakan pada saat tadi (pleno)," kata Bagja lagi.

2. Rapat juga akan bahas cara-cara pengambilan keputusan pimpinan Bawaslu untuk 5 tahun

Bawaslu dan DPR Bahas PKPU dan Anggaran Pemilu 2024 di Rapat Hari IniKetua Bawaslu Abhan dan Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar (Dok. Humas Bawaslu)

Selain itu, dalam rapat juga akan ditentukan cara-cara pengambilan keputusan pimpinan Bawaslu untuk lima tahun ke depan.

"Prinsip dalam menjalankan lembaga badan pengawas pemilu kolektif kolegial, kemudian kedua adalah ke depan permasalahan, perbincangan atau seluruh perdebatan akan diselesaikan dengan rapat pleno pengambilan keputusan," katanya.

Jika ada yang setuju ataupun tidak setuju atas pengambilan keputusan tersebut, sesuai rapat pleno pertama para anggota Bawaslu RI periode 2022-2027, maka menurut Bagja harus ditaati.

3. Bawaslu terbuka atas informasi yang dibutuhkan

Bawaslu dan DPR Bahas PKPU dan Anggaran Pemilu 2024 di Rapat Hari IniIDN Times/Denisa Tristianty

Rahmat Bagja juga meyakinkan bahwa para anggota Bawaslu terbuka atas informasi yang dibutuhkan, yang akan didistribusikan melalui media massa.

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo (Jokowi) melantik anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masa jabatan 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa.

Presiden melantik anggota KPU dan Bawaslu berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 33P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Keputusan Presiden RI Nomor 34P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Baca Juga: Lantik Anggota KPU-Bawaslu, Jokowi: Segera Tancap Gas!

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya