Bupati Kendal Buka Peluang Maju Pilgub Jateng Bila Diusung Golkar

Dico tegaskan semuanya harus berdasarkan rekomendasi partai

Jakarta, IDN Times - Bupati termuda di Jawa Tengah, Bupati Kendal Dico Ganinduto mengatakan, tidak menutup kemungkinan bisa saja ikut maju dalam pemilihan gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2024 mendatang. Hal ini disampaikannya saat bertandang ke kantor IDN Times, di IDN Media HQ, Jakarta, Senin (16/1/2023).

Menurut Dico yang saat ini berusia 32 tahun, dengan dinamika politik yang ada saat ini apapun bisa terjadi. Namun semuanya, kata dia, kembali ke rekomendasi partai.

"Pertama harus dari partai. Nanti partai apakah akan menugaskan saya kemana, kita kan gak tahu. Dan kedua tentunya penerimaan masyarakat terhadap kita, apakah saya diterima di Kendal atau di Jawa Tengah," ujar Dico.

Baca Juga: Relawan Blusukan ke Kendal, Program Lapak Ganjar Dikenalkan ke Warga Desa

1. Fokus membangun Kendal sambil lihat kondisi di 2024

Bupati Kendal Buka Peluang Maju Pilgub Jateng Bila Diusung GolkarBupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto saat mengunjungi kantor IDN Media HQ pada Senin (16/1/2023). (IDN Times/Herka Yanis)

Dico sendiri merupakan politikus muda dari Partai Golkar. Saat ini dia masih memegang jabatan sebagai Wakil Sekjen di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar. Dico dilantik menjadi Bupati Kendal pada Februari 2021 lalu.

Dico mengaku, saat ini dirinya tengah fokus menjalankan tugas sebagai bupati untuk membangun Kendal.

"Saya belum berpikir 2024 mau kemana, tapi nanti ya kita lihatlah sambil jalan, Kemungkinan-kemungkinan itu ada semua. Kemungkinan saya di Kendal lagi, kemungkinan saya naik ke provinsi, kemungkinan saya nanti ke pusat atau kemana, itu semua kan dinamika politik, itu sangat-sangat mungkin terjadi, tapi saya fokusnya mau memberikan prestasi terbaik saya dulu untuk Kendal, setelah itu ya kita lihat kondisi di 2024," beber Dico.

2. Tertantang membangun Kendal

Bupati Kendal Buka Peluang Maju Pilgub Jateng Bila Diusung GolkarBupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto saat mengunjungi kantor IDN Media HQ pada Senin (16/1/2023). (IDN Times/Herka Yanis)

Dico mengungkapkan, menjadi politikus apalagi bupati di usia muda tidaklah gampang. Di mana hal pertama yang terberat adalah menjaga seluruh proses dinamika politik.

"Ketika saya masuk dalam pemerintahan, itu memang banyak hal-hal baru yang saya pelajari, yang sebelumnya tidak terpikir oleh saya, bagaimana kita harus menjaga agar semuanya itu berjalan dengan lancar dan kondusif, dan juga kita memiliki janji-janji politik, kita memiliki program-program prioritas, kita punya visi misi, yang ternyata begitu masuk pemerintahan, wah gimana nih ngejalanin visi misinya, gimana ngejalanin program prioritasnya, ini kira-kira bisa jalan atau gak sih, dan ini memang menurut saya hal yang sulit, susah, tapi karena saya passion-nya di bidang politik jadi saya merasa tertantang dengan situasi yang ada," ucap Dico.

3. Terbuka bila diusung partai maju di Pilgub Jateng

Bupati Kendal Buka Peluang Maju Pilgub Jateng Bila Diusung GolkarBupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto saat mengunjungi kantor IDN Media HQ pada Senin (16/1/2023). (IDN Times/Herka Yanis)

Kini setelah dua tahun menjadi Bupati Kendal, Dico mengaku sudah bisa menjalankan janji-janji politik dan program-program yang dijanjikan saat kampanye dulu untuk membangun Kendal.

"Program dana dusun dan tunjangan kematian untuk warga yang kurang mampu sebesar Rp1 juta, di 2021 kita siapkan, di 2022 sudah jalan semua sesuai yang sudah saya sampaikan," ujarnya.

Fokus selanjutnya yang kini tengah dilakukan adalah menjadikan Kendal sebagai pusat industri dan pariwisata.

"Sekarang industri di Kendal juga sudah semakin berkembang karena memberikan kemudahan dan akses untuk investasi, sehingga hari ini industri di Kendal yang eksisting sudah semakin baik dan yang baru juga ada beberapa (perusahaan) yang besar-besar (berinvestasi)," kata Dico.

Berangkat dari pengalamannya memimpin Kendal, karena itu Dico tak menutup kemungkinan jika partainya menugaskan ke jenjang berikutnya, dirinya bersedia.

"Ya kalau misalkan partai menyetujui saya untuk maju ke provinsi, mendapatkan dukungan, secara situasi juga oke, menurut saya kenapa enggak," ucap Dico.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya