Cuaca Buruk di Jayapura, Lion Air JT 0794 Alihkan Pendaratan di Biak

Langit Jayapura gelap gulita

Jakarta, IDN Times - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 0794 dari Jakarta tujuan Jayapura terpaksa mengalihkan pendaratan dari Bandara Sentani Jayapura ke Bandar Udara Frans Kaisiepo Biak, di Kabupaten Biak Numfor, Papua, pada Minggu (25/11) pagi. 

Pilot yang membawa pesawat itu memutuskan untuk membatalkan rencana pendaratan di Bandara Sentani, dan melanjutkan penerbangan dan mendarat di Biak karena alasan cuaca di Jayapura sangat buruk. 

1. Pesawat dijadwalkan tiba di Jayapura pukul 07.00 WIT

Cuaca Buruk di Jayapura, Lion Air JT 0794 Alihkan Pendaratan di BiakInstagram/@lionairgroup

Penerbangan langsung dari Jakarta menuju Jayapura itu dijadwalkan tiba pukul 07.00 WIT, demikian dilaporkan Kontributor Antara Musa Abubar yang ikut menumpangi Pesawat Lion Air, seperti dikutip dari Kantor Berita Antara. 

Namun, karena awan tebal disertai kabut dan hujan lebat di seantero langit Jayapura membuat pesawat JT 0794 tidak bisa mendarat. 

2. Mengalihkan pendaratan di Bandar Udara Frans Kaisiepo Biak

Cuaca Buruk di Jayapura, Lion Air JT 0794 Alihkan Pendaratan di BiakInstagram/@lionairgroup

Pilot memutuskan untuk melanjutkan penerbangan ke Biak. Penerbangan ke Biak ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit dan mendarat di Bandara Frans Kasiepo Biak pada pukul 07.45 menit. 

Angkaneta, salah satu penumpang yang menggunakan jasa penerbangan Lion Air tujuan Jayapura mengaku bersyukur karena pilot dengan cepat memutuskan untuk melanjutkan penerbangan lalu mendarat di Biak. 

Baca Juga: Fakta Baru Terkuak, Boeing 737 MAX-8 Bermasalah Sebelum JT 610 Jatuh

3. Langit Jayapura gelap gulita

Cuaca Buruk di Jayapura, Lion Air JT 0794 Alihkan Pendaratan di BiakInstagram/@lionairgroup

Angkaneta mengatakan, cuaca di Jayapura yang sangat buruk tampak dari atas ketinggian. 

"Saya lihat lewat jendela pesawat keluar itu Jayapura gelap gulita. Awan tebal baru kabut tidak bisa lihat Kota Jayapura, Danau Sentani tidak kelihatan," ujarnya. 

4. Apresiasi sikap pilot

Cuaca Buruk di Jayapura, Lion Air JT 0794 Alihkan Pendaratan di Biakboeing.com

Dia mengapresiasi sikap pilot lantaran cuaca buruk sehingga memutuskan untuk tidak mendarat di Jayapura dan melanjutkan penerbangan ke Biak. 

"Padahal sudah ada pengumuman untuk kita mendarat di Bandar Udara Sentani Jayapura, tapi karena cuaca begitu buruk akhirnya tidak jadi mendarat di Bandara Sentani," kata Angkaneta. 

Baca Juga: Lion Air Kembali Bermasalah, Lampu dan Pendingin Udara Mati

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya