Ditanya Maju Pilgub Jateng Bersama Gibran, Ini Respons Bupati Kendal

Bupati Kendal Dico Ganinduto jadi bupati termuda di Jateng

Jakarta, IDN Times - Sama-sama menjadi kepala daerah dalam usia muda di Jawa Tengah, membuat Bupati Kendal Dico Ganinduto mengaku cukup sering berinteraksi dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

"Ya Mas Gibran kadang-kadang kalau curhat suka curhat sama saya juga, pas acara-acara bareng aja, kita kan sama-sama di Jateng sering acara bareng, jadi ya kita kalau ada acara ketemu," ungkap Dico saat ditanyakan hubungannya dengan Gibran, yang juga merupakan kepala daerah muda di Jawa Tengah.

Kendati demikian, kata Dico, saat bertemu Gibran keduanya tak pernah membahas soal Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng yang akan digelar pada 2024 mendatang.

"Tapi saya suka semangatin lah, udah mas habis ini maju provinsi," ujar Dico sambil tersenyum saat bertandang ke kantor IDN Times, di IDN Media HQ, Jakarta, Senin (16/1/2023).

Baca Juga: Bupati Kendal Buka Peluang Maju Pilgub Jateng Bila Diusung Golkar

1. Menyerahkan ke partai bila ada yang dukung maju di Pilgub Jateng

Ditanya Maju Pilgub Jateng Bersama Gibran, Ini Respons Bupati KendalBupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto saat mengunjungi kantor IDN Media HQ pada Senin (16/1/2023). (IDN Times/Herka Yanis)

Saat ditanyakan apakah dirinya bersedia bila nanti partainya, Golkar, meminta dia untuk mendampingi Gibran di Pilgub Jateng, Dico menjawab, "ya nanti kita lihat keputusan partai aja seperti apa."

Dico menegaskan bahwa semua langkah politiknya ke depan harus berdasarkan rekomendasi partai. Termasuk bila ada yang mendukungnya untuk maju dalam Pilgub Jateng 2024. 

"Nanti partai apakah akan menugaskan saya kemana, kita kan gak tahu," ucap Wakil Sekjen DPP Partai Golkar ini.

"Kalau misalkan partai menyetujui saya untuk maju ke provinsi, mendapatkan dukungan, secara situasi juga oke, menurut saya kenapa enggak," lanjut Dico yang disebut bupati termuda di Jateng.

2. Fokus membangun Kendal saat ini

Ditanya Maju Pilgub Jateng Bersama Gibran, Ini Respons Bupati KendalBupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto saat mengunjungi kantor IDN Media HQ pada Senin (16/1/2023). (IDN Times/Herka Yanis)

Dico tak menampik bahwa semua politikus memiliki cita-cita bisa berkarier hingga ke puncak. 

"Ya tentu cita-cita semua politisilah setelah jadi bupati jadi pejabat di provinsi apakah gubernur atau wakil gubernur, setelah itu bisa menjadi pejabat di pusat," ucap Dico yang saat ini berusia 32 tahun.  

Namun, dia menegaskan, saat ini dirinya tengah fokus membangun Kendal untuk meningkatkan kesejahteraan warganya. Setelah selesai menjalankan janji dan programnya seperti pemberian dana dusun dan tunjangan kematian untuk warga yang kurang mampu, dia masih fokus menjadikan Kendal sebagai pusat industri dan pariwisata dengan potensi yang dimiliki daerahnya.

"Saya belum berpikir 2024 mau kemana, tapi nanti ya kita lihatlah sambil jalan, Kemungkinan-kemungkinan itu ada semua. Kemungkinan saya di Kendal lagi, kemunginan saya naik ke provinsi, kemungkinan saya nanti ke pusat atau kemana, itu semua kan dinamika politik, itu sangat-sangat mungkin terjadi, tapi saya fokusnya mau memberikan prestasi terbaik saya dulu untuk Kendal setelah itu ya kita lihat kondisi di 2024," beber Dico.

3. Tertantang membangun Kendal meski tak mudah

Ditanya Maju Pilgub Jateng Bersama Gibran, Ini Respons Bupati KendalBupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto saat mengunjungi kantor IDN Media HQ pada Senin (16/1/2023). (IDN Times/Herka Yanis)

Sebagai kepala daerah termuda di Jawa Tengah, Dico mengaku hal itu bukanlah sesuatu yang gampang. Banyak hal-hal yang harus dipelajari, terutama menjaga seluruh proses dinamika politik berjalan lancar dan kondusif, serta menjalankan visi misi dan mewujudkan janji-janji kampanye.

"Ketika saya masuk dalam pemerintahan, itu memang banyak hal-hal baru yang saya pelajari, yang sebelumnya tidak terpikir oleh saya. Kita memiliki janji-janji politik, kita memiliki program-program prioroitas, kita punya visi misi, yang ternyata begitu masuk pemerintahan, wah gimana nih ngejalanin visi misinya, gimana ngejalanin program prioritasnya. Ini memang menurut saya hal yang sulit, susah, tapi karena saya passion-nya di bidang politik jadi saya merasa tertantang dengan situasi yang ada," ucap Dico.

Baca Juga: 10 Potret Lembah Nirwana yang Jadi Wisata Alam Hits di Kendal

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya