IMS 2020: Millennial Tipe The Leader, Pekerja Keras dan Suka Menolong

Ada tujuh tipe millennial, kamu termasuk The Leader?

Jakarta, IDN Times - Tahun 2019 bisa disebut sebagai tahun penting bagi millennial. Di tahun ini banyak muncul tokoh-tokoh muda yang menjadi The Leader atau pemimpin di banyak bidang, tak terkecuali dalam pemerintahan. Puncaknya ketika Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengangkat sejumlah millennial menjadi menteri dan staf khususnya.

Memang tidak semua orang bisa menjadi pemimpin (leader). Namun siapa saja bisa mewujudkan mimpinya menjadi The Leader, tak terkecuali millennial.

Baru-baru ini IDN Research Institute bekerja sama dengan Nielsen Indonesia menggelar riset untuk mengetahui tipe-tipe millennial Indonesia. Riset ini melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Tujuannya untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip yang selama ini kerap dilekatkan ke kalangan millennial.

Hasilnya, ada tujuh tipe millennial berdasarkan nilai dan sikap mereka. Ketujuh tipe itu adalah The Adventurer (petualang), The Visionary (visioner), The Artist (seniman), The Leader (pemimpin), The Socializer (sosial), The Conservative (konservatif), dan The Collaborator (Kolaborator).

Dalam tulisan ini akan dibahas soal millennial dengan tipe The Leader. Apakah kamu termasuk tipe ini? Simak penjelasannya berikut ini. Namun sebelum mengupas lebih jauh soal millennial dengan tipe The Leader, perlu diketahui dalam riset ini mereka yang masuk kategori millennial adalah yang berusia 21 sampai 36 tahun pada 2020 ini, dengan pembagian millennial junior (berusia 21-28 tahun) dan millennial senior (usia 29-36 tahun).

1. Tipe-tipe The Leader: fokus, percaya diri, dan selalu yakin bisa menyelesaikan tantangan besar

IMS 2020: Millennial Tipe The Leader, Pekerja Keras dan Suka MenolongThe Leader/IMR 2020

Berdasarkan hasil riset IDN Research Institute yang menggunakan metode gabungan kualitatif dan kuantitatif, hanya ada 7 persen millennial Indonesia yang memiliki tipe The Leader, baik laki-laki maupun perempuan, junior atau senior dengan porsi seimbang 50:50.

Millennial yang masuk tipe The Leader adalah mereka yang memiliki karisma dan kepercayaan diri yang kuat, dan yang bisa mengajak individu lain untuk bergabung dan mencapai satu tujuan yang sama.

Tipe The Leader berorientasi pada tujuan dan memiliki keinginan kuat untuk  mengimplementasikan ide-ide mereka ke dalam suatu aksi konkret. Dengan keterampilan mereka dalam memimpin, The Leader tahu bagaimana caranya membuat semua elemen dalam kelompoknya bekerja bersama.

Millennial tipe The Leader percaya, dengan waktu dan kemampuan yang memadai, mereka dapat menyelesaikan tantangan besar sekali pun. Millennial tipe ini memiliki kemampuan untuk fokus dan berpikir secara strategis, sambil tetap mengeksekusi rencana mereka pada saat yang bersamaan.

The Leaders juga lebih menyukai sesuatu yang terorganisir daripada harus menghadapi ambiguitas serta perubahan. Mereka juga memiliki kemampuan untuk mengenali bakat orang lain. Hal ini membantu mereka untuk membangun sebuah tim yang ideal dan berkolaborasi dengan tiap anggota di dalamnya dalam rangka mencapai tujuan bersama. Inilah mengapa mereka sering tertarik pada konsep kolaborasi dan kepemimpinan.

2. Ingin menjadi inspirasi, tapi tak mengumbar kehidupan pribadi

IMS 2020: Millennial Tipe The Leader, Pekerja Keras dan Suka MenolongThe Leader/IMR 2020

Seorang millennial juga masuk kategori The Leader jika aktif terlibat dalam aktivitas agama. Bukan tanpa tujuan, The Leader melakukannya demi membangun pendapat dan sudut pandang mereka sendiri terkait berita tersebut.

Kendati demikian, mereka tidak ingin orang lain tahu banyak tentang kehidupan pribadi mereka, termasuk keterlibatan mereka pada agama. Millennial tipe pemimpin ini tak mau jika kehidupan pribadi mereka memengaruhi cara pandang orang terhadap kepemimpinan mereka.

Tipe The Leader juga memiliki keinginan kuat untuk mencapai kesuksesan jangka panjang. Mereka sangat fokus pada pengembangan diri mereka dan akan melakukan apa pun untuk mengoptimalkan kemampuan mereka sebagai seorang individu, terutama untuk tujuan karier.

Menariknya, mereka melihat rintangan yang ada sebagai tantangan yang harus mereka selesaikan.

The Leaders juga ingin menjadi inspirasi. Oleh sebab itu, mereka berusaha mencapai kesuksesan dengan kerja keras mereka sendiri, sehingga terbuktilah kata-kata, "Tak ada yang mustahil selagi kita bekerja cukup keras untuk mendapatkannya."

The Leaders sering menginisiasi ide untuk kerja bakti. Seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya, mereka ingin menjadi inspirasi bagi orang lain, terutama dengan pendekatan mereka yang disiplin. Mereka percaya bahwa apa pun bisa dikerjakan hanya jika semua orang berkomitmen untuk melakukannya.

3. Perilaku The Leader di tempat kerja: disiplin, kerja keras, dan penolong

IMS 2020: Millennial Tipe The Leader, Pekerja Keras dan Suka MenolongThe Leader/IMR 2020

Ada beberapa mitos mengenai perilaku milenial di tempat kerja. Banyak orang mengatakan, generasi millennial adalah generasi malas yang melakukan sedikit pekerjaan tapi mengharapkan imbalan besar.

Benarkah demikian? Berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS), 41,79 persen millennial Indonesia bekerja selama 45-59 jam dalam sepekan. Artinya, jam kerja millennial Indonesia jauh lebih banyak daripada rata-rata jam kerja di Australia yang berjumlah 33,6 jam dalam sepekan.

Terkait pekerjaan, The Leader percaya bahwa kemampuan apa pun dapat mereka pahami selagi mereka masih memiliki keinginan untuk belajar dengan disiplin. Oleh sebab itu, The Leader biasanya dikagumi karena pencapaian dan kesuksesan yang mereka perjuangkan melalui kerja keras dan kedisiplinan.

Mereka juga bisa menjadi pembimbing bagi orang lain yang membutuhkan motivasi untuk mencapai kesuksesan atau sekadar tujuan pribadi mereka.

Sebagai orang yang disiplin, millennial tipe The Leader sangat terorganisir. Mereka selalu merencanakan beberapa hal yang akan mereka kerjakan dalam satu hari. Hal tersebut tentu saja dapat membantu mereka berkembang ke arah yang lebih baik.

Di sisi lain, meskipun sangat berorientasi pada tujuan, mereka tak lupa meluangkan waktu untuk teman atau kolega mereka yang sedang membutuhkan bantuan. Mencapai tujuan mereka sendiri memang penting, namun, bagi The Leaders, membantu orang lain juga penting.

4. Cara The Leader memilih pasangan hidup

IMS 2020: Millennial Tipe The Leader, Pekerja Keras dan Suka MenolongThe Leader/IMR 2020

The Leaders dikenal sebagai anak emas di keluarga mereka, dalam arti seorang anak yang paling sering belajar, sadar akan tujuan hidup mereka sendiri, dan memiliki beberapa pencapaian di sekolah atau tempat kerja mereka.

Millennial tipe ini suka membicarakan tujuan jangka panjang yang mereka miliki dengan orang tua atau saudara mereka, dan dengan senang hati akan mempertimbangkan feedback yang diberikan. Kepraktisan millennial pemimpin juga menjadikan mereka sebagai penyuguh solusi yang praktis pula untuk anggota keluarga yang sedang dalam masalah.

Sebagai orang yang sangat terorganisir dan sadar akan tujuan hidupnya, millennial tipe the leader sangat hati-hati dalam memilih pasangan hidup. Mereka akan memilih pasangan hidup berdasarkan 'Bibit, Bebet, Bobot'. Mereka percaya bahwa mereka tak akan bisa berhasil jika tidak memilih secara bijak.

Untuk memilih pasangan hidup, misalnya, mereka akan mempertimbangkan banyak aspek. Sebelum melanjutkan ke pembicaraan serius, The Leaders akan mengamati target mereka melalui bahasa tubuhnya, latar belakangnya, bagaimana mereka melihat suatu masalah, prinsip dan nilai mereka tentang hidup.

Apabila The Leaders merasa bahwa hubungan mereka sudah tak bisa dipertahankan lagi karena suatu alasan, mereka akan segera memutuskan hubungan tersebut dan melanjutkan hidup seperti sedia kala karena mereka tak mau membuang waktu untuk sesuatu yang tak jelas.

Karena sikap ini, jumlah The Leader yang melajang terbilang tinggi. Karena sangat fokus pada tujuan pribadi mereka, waktu untuk berkencan pun menjadi terbatas. Kecenderungan mereka dalam memilih pasangan secara bijak juga membuat mereka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengganti status lajang mereka.

Jika mereka menjadi orang tua, The Leader mengambil peran sebagai orang tua secara serius dan penuh dengan tanggung jawab. Millennial tipe pemimpin melihat kesuksesan anak-anak mereka sebagai refleksi dari standar mereka sendiri, sehingga mereka menjadi orang tua yang menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Mereka ingin anak mereka tumbuh menjadi sosok yang cerdas, mandiri, dan bekerja keras untuk kesuksesan mereka.

Dalam dunia pendidikan, The Leaders kemungkinan besar akan menjadi murid yang selalu mendapat ranking pertama. Selain menjadi bintang kelas, The Leaders juga menyukai tantangan. Oleh karenanya, mereka, secara proaktif, akan mengajukan diri mereka sebagai kandidat Ketua OSIS atau Ketua BEM. The Leaders senang bernegosiasi atau mendiskusikan suatu hal krusial yang dapat membantu perkembangan organisasi mereka.

5. The Leader cocok jadi eksekutif atau pengusaha

IMS 2020: Millennial Tipe The Leader, Pekerja Keras dan Suka MenolongThe Leader/IMR 2020

Terkait dengan jenjang karier, hal yang paling penting bagi The Leaders adalah mengembangkan kemampuan mereka dalam rangka mencapai tujuan atau cita-cita mereka. Millennial tipe pemimpin ini sangat menyukai tantangan karena mereka meyakini hal itu sebagai medium yang dapat mengantar mereka menjadi individu yang lebih baik.

Oleh sebab itu, mereka ingin menjadi seorang pemimpin yang tak hanya berwibawa, namun juga bisa mengimplementasikan ide, visi, kecerdasan, dan ketegasan mereka ke dalam suatu tindakan nyata. Itulah mengapa mereka cocok untuk berada di posisi eksekutif atau pengusaha.

Bagaimana cara The Leader bersantai? Karena lebih fokus pada pekerjaan, The Leader tak begitu aktif dalam media sosial. Namun, ketika mereka ingin bersantai, 92 persen dari mereka akan lebih memilih nonton TV. Selain TV, mereka juga gemar nonton video daring untuk mengikuti tren bisnis yang paling baru. The Leaders juga suka membaca surat kabar sebagai salah satu media yang dapat memberi mereka berita terkini.

The Leader juga bukan orang yang sangat tergantung pada internet. Ini karena mereka memiliki banyak hal yang harus dilakukan secara offline. Mereka menggunakan internet hanya untuk sesuatu yang dapat membantu mereka fokus pada produktivitas. Sosial media, bagi milenial tipe pemimpin ini, biasanya digunakan untuk menjaga relasi dengan rekan-rekan atau untuk memperluas koneksi sosial mereka demi pengembangan diri.

Ingin tahu lebih lengkap tentang millennial tipe The Leader? Kamu bisa membaca versi lengkap artikel ini di Indonesia Millennial Report 2020 yang bisa diunduh di aplikasi IDN Times. Selain tipe The Leader, kamu juga bisa mengetahui karakteristik tipe-tipe Millennial lainnya.

Indonesia Millennial Report 2020  dirilis secara resmi di acara Indonesia Millennial Summit by IDN Media yang digelar di Gedung The Tribrata, Jakarta Selatan, 17-18 Januari 2019.

Topik:

  • Sunariyah
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya