Jakarta Raih Indeks Demokrasi Tertinggi, Begini Kata Anies

DKI Jakarta sudah 4 kali berturut-turut rain nilai IDI tert

Jakarta, IDN Times - DKI Jakarta meraih posisi pertama sebagai daerah dengan Indeks Demokrasi tertinggi di Indonesia. Berdasarkan Data Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Jakarta sebesar 89,21. Jumlah ini lebih tinggi 0,92 poin dari capaian pada 2019 lalu yang meraih 88,29 poin.

Terkait prestasi ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap, kebebasan berekspresi terus hidup di Jakarta, dan Ibu Kota bisa menjadi rujukan dalam menjaga suasana demokratis di Indonesia.

"Soal indeks demokrasi, alhamdulillah, Jakarta ingin terus menjaga agar iklim kebebasan berekspresi bisa hidup terus, karena itu adalah demokrasi," kata Anies di Jakarta, seperti dilansir ANTARA, Sabtu (4/9/2021).

Baca Juga: Indeks Demokrasi Indonesia Drop, Politik Identitas Jadi Penyebabnya

1. Jakarta ingin menjaga semangat para pejuang reformasi 1998

Jakarta Raih Indeks Demokrasi Tertinggi, Begini Kata AniesGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies mengungkapkan, Jakarta ingin menjaga semangat dari pejuang-pejuang reformasi di tahun 1998, yang memperjuangkan dilaksanakannya demokrasi di Indonesia.

"Semangat itu harus kita jaga," ucap Anies.

2. DKI Jakarta sudah 4 kali berturut-turut raih nilai IDI tertinggi

Jakarta Raih Indeks Demokrasi Tertinggi, Begini Kata AniesMonumen Nasional (IDN Times/Besse Fadhilah)

Ini bukanlah catatan pertama DKI Jakarta meraih poin tertinggi IDI. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta Taufan Bakri pada Jumat (3/9/2021) mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah meraih pencapaian IDI tertinggi selama empat tahun berturut-turut pada 2018, 2019, 2020, dan 2021.

Menurut Taufan, ada tiga aspek dalam penghitungan nilai IDI. Berdasarkan data dari BPS, ketiga asfek itu yakni kebebasan sipil, aspek hak-hak politik, dan aspek lembaga demokrasi.

3. Butuh dukungan semua pihak

Jakarta Raih Indeks Demokrasi Tertinggi, Begini Kata AniesGubernur Anies Baswedan bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Senin (27/7/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Taufan berharap, kedepannya Pemprov DKI akan terus berusaha meraih kategori terbaik IDI, dengan menjaga nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat di DKI Jakarta.

"Untuk bisa mempertahankan hal yang sudah baik ini, kami membutuhkan dukungan semua pihak dan seluruh komponen masyarakat. Mari kita bersama-sama tetap menjaga Jakarta aman dan demokratis," imbuh Taufan.

Baca Juga: Indeks Demokrasi Indonesia Drop, Politik Identitas Jadi Penyebabnya

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya