JK Kantongi Daftar 41 Masjid Terpapar Radikalisme, 17 Kategori Tinggi 

Jusuf Kalla telah bertemu Kepala BIN Budi Gunawan

Jakarta, IDN Times - Baru-baru ini Badan Intelijen Negara (BIN) mengungkap soal 41 masjid di lingkungan pemerintahan yang diduga terpapar radikalisme. Pernyataan BIN ini langsung menuai pro kontra. Sejumlah pihak mempertanyakan data 41 masjid tersebut dan juga alasan BIN mengungkapkannya ke publik.  

Namun, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku telah mengantongi daftar masjid yang diduga telah terpapar paham radikalisme itu. Tak hanya itu, dalam keterangannya kepada awak media, Jumat (23/11), JK demikian sapaan akrab Jusuf Kalla, juga mengaku telah membawa persoalan itu dalam rapat internal Dewan Masjid Indonesia (DMI). 
 

Baca Juga: BIN Kategorisasikan Masjid Terpapar Radikalisme Jadi Tiga Zona

1. Jusuf Kalla sudah berbicara dengan Kepala BIN dan kantongi daftar masjid terpapar radikalisme

JK Kantongi Daftar 41 Masjid Terpapar Radikalisme, 17 Kategori Tinggi IDN Times/Margith Juita Damanik

Wapres Jusuf Kalla mengaku sudah membicarakan perihal masjid di lingkungan pemerintahan yang terpapar radikalisme, dengan Kepala BIN Budi Gunawan. Hal ini diungkapkan JK di di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (23/11). 

"Saya sudah bicara dengan Kepala BIN Pak Budi Gunawan tentang hal ini, dan saya diberikan daftarnya. Ada yang ringan, ada yang menengah, ada yang berat," kata JK seperti dilansir Antara
 

2. JK mengaku sudah membahas dan menemukan solusi

JK Kantongi Daftar 41 Masjid Terpapar Radikalisme, 17 Kategori Tinggi Dok. IDN Times/Istimewa

JK, yang juga Ketua Umum DMI, mengatakan telah membahas persoalan masjid terpapar radikalisme tersebut dan menemukan solusi, bahwa pengendaliannya untuk saat ini adalah dengan melakukan pendekatan terhadap para penceramah di masjid. 

"Karena itu, (saya) rapat sebentar di Dewan Masjid antara lain juga bagaimana sampai ke bawah itu diberikan suatu batasan-batasan, (penceramah) jangan membikin hoaks, jangan bicara tanpa data," tegas JK. 
 

3. Buat batasan untuk penceramah

JK Kantongi Daftar 41 Masjid Terpapar Radikalisme, 17 Kategori Tinggi IDN Times/Irfan

JK menjelaskan, batasan yang diberikan tersebut antara lain berupa pembuatan kurikulum ceramah oleh DMI. Kurikulum tersebut nantinya tidak perlu menyeragamkan konten khotbah, melainkan dengan menetapkan tema ceramah tertentu setiap bulannya. 

"Mengatasinya ialah tentu (dengan) pendekatan dan memberikan juga batasan-batasan, membuat kurikulum. DMI selalu minta dibuatkan kurikulum dan juga penilaian kepada penceramah. Kita tidak melarang penceramah, tetapi batasan-batasannya mereka harus taati," jelasnya. 
 

4. BIN ungkap ada 50 penceramah di 41 masjid lingkungan pemerintah terpapar radikal

JK Kantongi Daftar 41 Masjid Terpapar Radikalisme, 17 Kategori Tinggi IDN Times/Sukma Shakti

Sebelumnya Kepala BIN melalui juru bicaranya, Wawan Hari Purwanto mengatakan, telah mendapatkan laporan dari Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M) NU bahwa ada 50 penceramah di 41 masjid lingkungan pemerintah terpapar radikal. 

Laporan tersebut berdasarkan hasil survei yang digelar oleh P3M NU. Data ini kemudian dijadikan sebagai peringatan dini dan ditindaklanjuti dengan pendalaman serta penelitian lanjutan oleh BIN. 

"Masjidnya tidak radikal, tapi ada penceramahnya di masjid di lingkungan pemerintah, semua di Jakarta," kata Wawan di Jakarta, Selasa (20/11). 

5. Kriteria 41 masjid yang diduga terpapar radikalisme, 17 di antaranya masuk kategori radikal tinggi

JK Kantongi Daftar 41 Masjid Terpapar Radikalisme, 17 Kategori Tinggi IDN Times/Afriani Susanti

Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan tetap menjaga sikap toleran dan menghargai kebhinekaan, BIN pun memberikan peringatan dini atau early warning

Berdasarkan hasil survei, P3M NU, sedikitnya 41 dari 100 masjid milik kantor pemerintah terindikasi radikal yang disebarkan melalui setiap ceramahnya. Dari 41 masjid tersebut, 17 di antaranya masuk dalam kategori radikal tinggi, 17 lainnya radikal sedang, dan tujuh masjid berkategori radikal rendah. 

Baca Juga: BIN Sebut Alasan Ungkap 41 Masjid Terpapar Radikalisme

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya