Comscore Tracker

Jokowi Bangun PLBN di Perbatasan Papua-Papua Nugini Januari 2019

PLBN ke-8 yang dibangun Jokowi

Jakarta, IDN Times - Menjelang berakhirnya pemerintahan untuk periode 2014-2019, Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di wilayah paling ujung timur Indonesia.

PLBN itu akan dibangun di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua. Wilayah ini berbatasan dengan negara tetangga, Papua Nugini.   

Rencana pembangunan ini diungkapkan Jokowi melalui akun Instagramnya, Sabtu (17/11) kemarin.  Seperti apa rencana pembangunan PLBN di perbatasan Papua-Papua Nugini itu?    

Baca Juga: Jokowi, Kapsul Waktu, dan Para Avengers

1. Bangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Sota Januari 2019

Jokowi Bangun PLBN di Perbatasan Papua-Papua Nugini Januari 2019Facebook/Presiden Joko Widodo

Untuk mengubah wajah halaman depan Indonesia di wilayah ujung paling timur, mulai Januari 2019 Presiden Jokowi akan membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Distrik Sota, kabupaten Merauke, Papua.  

Lokasi pembangunan berada tidak jauh dari tugu O km Merauke-Sabang, yang berbatasan dengan Papua Nugini.   
 

2. Pembangunan PLBN Sota untuk tingkatkan ekonomi

Jokowi Bangun PLBN di Perbatasan Papua-Papua Nugini Januari 2019Facebook/Presiden Joko Widodo

Jokowi mengungkapkan, pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di daerah perbatasan Papua-Papua Nugini dimaksudkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah paling timur Indonesia ini. Tentunya juga untuk menjadi kebanggaan Indonesia. 
  
"Saya berharap, selain menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru, PLBN juga menjadi sebuah etalase kebanggaan kita karena merupakan beranda terdepan negara ini," ujar Presiden Jokowi, di akun Instagramnya, Sabtu (17/11).  
 

3. Pos Lintas Batas Negara ke-8 yang dibangun Jokowi

Jokowi Bangun PLBN di Perbatasan Papua-Papua Nugini Januari 2019Biro Pers Kepresidenan RI

Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota ini akan menjadi yang ke delapan, setelah pemerintah membangun 7 PLBN lainnya.  

Ketujuh PLBN yang sudah ada yakni PLBN Entikong, Badau, dan Aruk di Kalimantan Barat, PLBN Motaain, Motamasin, dan Wini di Nusa Tenggara Timur, serta PLBN Skouw di Jayapura. 
 

4. Jokowi gencar bangun Papua

Jokowi Bangun PLBN di Perbatasan Papua-Papua Nugini Januari 2019Facebook/Presiden Joko Widodo

Semasa pemerintahannnya, Jokowi gencar membangun Papua. Dia satu-satunya presiden RI yang paling sering berkunjung ke pulau paling timur Indonesia itu.  

Salah satu yang sudah berhasil dibangun adalah jalur Trans Papua. Dalam akun Instagramnya, Sabtu (17/11), Jokowi memperlihatkan ruas jalan Merauke-Sota, kilometer 84.  

"Ini suasana alam yang terlihat di jalur Trans Papua ini. Berselubung kabut, dan kiri kanannya masih hutan belantara. Dulu jalannya penuh kubangan lumpur, orang-orang yang melintas dari dan menuju Boven Digoel sering menginap di jalan," tutur Jokowi. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, jarak Merauke-Sota-Boven Digoel hanya 422 kilometer. Dulu, jarak sejauh ini bisa ditempuh berhari-hari, sekarang dengan adanya jalur Trans Papua, hanya delapan jam saja. 

Baca Juga: PDIP Gelar Safari Politik untuk Menangkan Jokowi-Ma'ruf Amin

Topic:

  • Sunariyah

Just For You