Jokowi Bertemu Ulama di Bogor Bahas Isu PKI dan Tenaga Kerja Asing

Jokowi bertemu perwakilan ulama di Masjid Istana Bogor

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertemu dengan perwakilan ulama dari tiga wilayah di Jawa Barat yakni dari Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bogor.  

Pertemuan silaturahmi ini berlangsung, Rabu (21/11) petang, setelah salat Magrib hingga sebelum salat Isya di Masjid Baitussalam Kompleks Istana Kepresidenan Bogor.  
 

Baca Juga: Jokowi Kunjungi Muhammadiyah di Jatim, Begini Kata Pengamat Politik

1. Jokowi bahas isu tentang dia disetir asing

Jokowi Bertemu Ulama di Bogor Bahas Isu PKI dan Tenaga Kerja AsingDokumentasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur

Presiden Jokowi mengungkapkan, pertemuan itu dilangsungkan untuk menyampaikan beberapa hal kepada para perwakilan ulama.   

"Saya ingin menyampaikan beberapa hal, mungkin sudah beberapa kali disampaikan, mungkin sudah ada yang dengar, mungkin belum," kata Jokowi yang mengenakan jas warna gelap dan peci hitam dalam acara silaturahim itu, seperti dilansir Antara.  

Beberapa hal yang disampaikan Jokowi yakni mengenai tenaga kerja asing dan isu tentang dia disetir asing, juga isu terkait PKI yang beredar selama empat tahun ia menjabat. 
 

2. Didampingi Menteri Sekretaris Negara dan Menteri Agama

Jokowi Bertemu Ulama di Bogor Bahas Isu PKI dan Tenaga Kerja AsingDok IDN Times/Istimewa

Dalam pertemuan dengan perwakilan ulama ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.  

Bukan kali ini saja Jokowi bertemu dengan perwakilan ulama. Jokowi diketahui rajin menyambangi ulama. Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan bahwa calon presiden nomor urut 01 ini memiliki program-program keumatan. 
 

3. Jokowi jalankan program-program keumatan

Jokowi Bertemu Ulama di Bogor Bahas Isu PKI dan Tenaga Kerja AsingANTARA FOTO/Wahyu Putro

Hasto mengungkapkan, Jokowi menjalankan program-program keumatan dengan baik. Hal ini juga terlihat dari dipilihnya KH Ma'ruf Amin menjadi wakilnya dalam Pilpres 2019.  

"Jokowi juga menjalankan program-program keumatan dengan sangat baik, sehingga kesatupaduan antara Pak Jokowi dengan Kiai Ma'ruf ini benar-benar mencerminkan keindonesiaan kita," ucap Hasto di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Senin (17/9) lalu. 
 

4. Jokowi memiliki pendukung dari tokoh-tokoh agama

Jokowi Bertemu Ulama di Bogor Bahas Isu PKI dan Tenaga Kerja AsingANTARA FOTO/Wahyu Putro

Menurut Hasto, Jokowi juga memiliki pendukung dari tokoh-tokoh agama. Mereka menilai bahwa kerja Jokowi selama ini adalah kerja nyata, sehingga para tokoh agama banyak yang mengakuinya. 

"Pak Jokowi bukan dalam dataran janji, bukan dataran opini, tetapi sudah dalam wilayah kerja nyata, kerja konkrit untuk rakyat. Dan itu berdasarkan aspirasi yang juga disampaikan oleh para tokoh-tokoh agama," ungkap dia. 

Baca Juga: Perayaan Maulid Nabi, Ini Pesan Jokowi 

Topik:

  • Sunariyah
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya