Comscore Tracker

Jokowi Umumkan Jalur Pendakian Gunung Rinjani Sudah Dibuka

Jalur pendakian Rinjani dibuka dari arah Desa Aik Berik.

Jakarta, IDN Times - Sempat ditutup karena gempa yang melanda Lombok Agustus lalu, Gunung Rinjani yang teletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), kini kembali dibuka. 

Dibukanya kembali pendakian ke Gunung Rinjani diumumkan langsung oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo melalui akun Instagramnya, yang dikutip Minggu (25/11).  

Sebelumnya, pembukaan jalur pendakian dilakukan oleh Bupati Lombok Tengah H. Suhaili didampingi Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Sudiyono. Pembukaan berlangsung di Aik Berik, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah, dirangkai dengan peluncuran program e-Rinjani. 
 

Baca Juga: Ditutup Sementara, Inilah 10 Pesona Gunung Rinjani yang Menakjubkan

1. Jokowi sebut NTB sudah pulih usai gempa Agustus lalu

Jokowi Umumkan Jalur Pendakian Gunung Rinjani Sudah DibukaIDN Times/Sunariyah

Presiden Jokowi mengungkapkan, NTB sudah mulai pulih setelah diguncang gempa beberapa kali Agustus lalu. Tandanya, kata Jokowi, dilihat dari dibukanya kembali pendakian ke Gunung Rinjani untuk wisatawan dan pecinta alam. 

"Perlahan tapi pasti, Nusa Tenggara Barat mulai pulih setelah mengalami gempa bumi besar beberapa waktu lalu. Salah satu tandanya, pendakian ke Gunung Rinjani kini dibuka untuk wisatawan dan pecinta alam," tulis Jokowi di akun Instagramnya, Sabtu (24/11).  
 

2. Jalur pendakian Gunung Rinjani dibuka dari arah Desa Aik Berik di Lombok Tengah

Jokowi Umumkan Jalur Pendakian Gunung Rinjani Sudah DibukaIDN Times/Sunariyah

Jalur pendakian dibuka awal pekan ini, Senin (19/11) lalu. Jalur itu dari arah Desa Aik Berik di Lombok Tengah.

Sementara tiga jalur pendakian lainnya yakni jalur pendakian Timbanuh dan Sembalun di Lombok Timur, dan Senaru di Lombok Utara masih ditutup karena rusak berat akibat gempa bumi. 

Jalur pendakian ini dibuka untuk membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, yang sempat lumpuh akibat gempa Agustus lalu. 
 

3. Jokowi ajak masyarakat berwisata ke NTB nikmati keindahan alam

Jokowi Umumkan Jalur Pendakian Gunung Rinjani Sudah DibukaIDN Times/Sunariyah

Dengan dibukanya jalur pendakian Aik Berik, Jokowi mengajak masyarakat untuk berwisata ke NTB.  

"Mari berwisata ke NTB, menikmati keindahan alam, air terjun, dan padang savana di sepanjang jalan menuju puncak Gunung Rinjani," imbau Jokowi. 

Dia juga menegaskan, Lombok sudah aman untuk dikunjungi. Diharapkan, pembukaan jalur pendakian ini dapat membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar kawasan taman nasional Gunung Rinjani. 

4. Jalur pendakian di 5 titik akan dibuka dan menjadi yang terindah dan termodern sedunia

Jokowi Umumkan Jalur Pendakian Gunung Rinjani Sudah DibukaIDN Times/Sunariyah

Bupati Lombok Tengah Suhaili mengatakan, ke depannya jalur pendakian di wilayah Lombok Tengah akan ada 5 titik yaitu Desa Karangsidmen, Desa Lantan, Desa Seteling, dan Desa Aik Bual. Jalur tersebut nantinya akan bertemu di satu titik batas wilayah Gunung Rinjani yang dikelola oleh Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). 

“Jalur pendakian ini nanti yang terindah, ternyaman, dan termodern sedunia. “Ini juga bisa jadi penyeimbang antara pengembangan pariwisata di selatan dengan di utara,” kata Suhaili, dikutip dari rilis Kementerian Pariwisata. 
 

5. Lombok sudah ramai dikunjungi wisatawan

Jokowi Umumkan Jalur Pendakian Gunung Rinjani Sudah DibukaIDN Times/Sunariyah

Ketua Tim Crisis Center Kementerian Pariwisata, Guntur Sakti, menyambut baik Pembukaan jalur pendakian Aik Berik Gunung Rinjani itu. Menurut Guntur, dengan dibukanya pendakian itu akan membuka kembali arus masuk wisatawan ke NTB karena Gunung Rinjani merupakan salah satu atraksi untuk membangkitkan pariwisata di NTB. 

“Saat ini proses pemulihan untuk NTB sudah berjalan baik dan saat ini lombok sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan. Menteri Pariwisata Arief Yahya pada World Travel Market (WTM) 2018 di London awal bulan November lalu juga mempromosikan jika NTB sudah bangkit. Lombok sudah aman untuk di kunjungi," ujar Guntur Sakti yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Biro Komunikasi Publik di Kementerian Pariwisata. 

Baca Juga: 10 Potret Kece Wulan Guritno di Lombok yang Bikin Susah Napas

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya