Konvoi Persija, Ratusan Ribu Jakmania Padati GBK Sabtu Besok

Ada konvoi Persija, hindari kawasan ini guys

Jakarta, IDN Times - Tim Persija Jakarta yang menjadi juara di ajang bergengsi Liga 1 2018 Sepakbola Indonesia, akan menggelar iring-iringan atau konvoi sebagai selebrasi kemenangan mereka.

Diperkirakan akan ada lebih dari seratus ribu suporter Persija Jakarta, the Jakmania, yang akan ikut meramaikan konvoi tersebut, Sabtu (15/12) besok.

Baca Juga: Persija Gelar Pawai Juara, Ini Rute yang Akan Dilalui

1. Diperkirakan 150 ribu The Jakmania akan mengikuti konvoi

Konvoi Persija, Ratusan Ribu Jakmania Padati GBK Sabtu BesokInstagram/@infokomjakmania

Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto mengatakan, para suporter yang lebih dikenal dengan nama The Jakmania ini bakal melakukan aksi konvoi dengan menggunakan kendaraan pribadi, yaitu sepeda motor hingga menyewa bus.

"Diperkirakan the Jak yang ikut konvoi dengan kendaraan motor, mobil, dan bus, dengan perkiraan jumlah 150.000 orang," ujar Budiyanto saat dikonfirmasi, Jumat (14/12).

2. Ini rute konvoi Persija Jakarta

Konvoi Persija, Ratusan Ribu Jakmania Padati GBK Sabtu BesokGoogle Map

Aksi konvoi sendiri rencananya akan dimulai dari kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Tanah Abang, Jakarta Pusat menuju Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat.

Guna mencegah kemacetan di kawasan tersebut, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berencana melakukan pengalihan arus dan penutupan jalan secara situasional.

3. Polisi minta The Jakmania tidak kumpul semua di GBK

Konvoi Persija, Ratusan Ribu Jakmania Padati GBK Sabtu BesokKementerian PUPR

Namun, Budiyanto juga berencana akan memecah kepadatan dengan meminta sebagain The Jakmania yang ikut konvoi bisa langsung ke kawasan depan Balai Kota DKI Jakarta, tidak harus berada di titik kumpul yaitu Pintu 1 Gelora Bung Karno.

"The Jakmania melalui korwil dan korlapnya akan kita perbantukan untuk sebagai pagar betis atau membentuk rangkaian, dengan tujuan agar tetap ada lalu lintas untuk umum," tuturnya.

4. Polisi siapkan kantung parkir bagi The Jakmania

Konvoi Persija, Ratusan Ribu Jakmania Padati GBK Sabtu BesokIDN Times/Helmi Shemi

Pihak kepolsian juga nantinya akan dibantu Dishubtrans DKI Jakarta. Untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan, perwira menengah polisi berpangkat melati dua ini pun mengaku telah menyiapkan kantung-kantung parkir bagi para The Jakmania

Semisal di kawasan Thamrin 10 yang bisa menampung hingga 250 bus, sedangkan untuk sepeda motor dan mobil pribadi di kawasan IRTI Monas.

"Persija dijamu makan siang di dalam Balai Kota, dan untuk The Jakmania disediakan panggung dan LED untuk hiburan," pungkasnya.

5. Ini rute pengalihan arus untuk konvoi Persija Sabtu besok

Konvoi Persija, Ratusan Ribu Jakmania Padati GBK Sabtu BesokANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bagi kalian yang ingin bepergian di kawasan yang akan dilalui oleh konvoi Persija tersebut, berikut rencana pengalihan arusnya:

1. Pada saat massa kumpul di pintu 1 Plaza Barat GBK, arus yang 
mengarah GBK dialihkan;

2. Pada saat konvoi melintas di simpang-simpang, akan ada pengalihan yang bersifat situasional;

3. Pada saat massa sudah kumpul di Balai Kota, arus yang mengarah ke Merdeka Selatan dialihkan.

Baca Juga: 5 Alasan yang Buat Persija Memang Layak Juara Liga 2018

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya