Listrik Padam, Kualitas Udara Jakarta Membaik 

Kualitas udara Jakarta berada di posisi keenam

Jakarta, IDN Times - Padamnya listrik di sebagian wilayah Jawa, termasuk Jakarta, Banten, dan Jawa Barat pada Minggu (4/8), berdampak pada banyak hal. Salah satunya terhadap udara di Jakarta.

Akibat pemadaman listrik yang berlangsung selama berjam-jam, kualitas udara di Ibu Kota dilaporkan membaik pada Minggu malam.

Pada pukul 22.00 WIB, kualitas udara di Jakarta berada di posisi keenam, turun empat peringkat dari posisi saat Minggu pagi.

Baca Juga: Dampak Listrik Padam, Perjalanan Kereta Jarak Jauh Jadi Lebih Lama

1. Indeks kualitas udara Jakarta mendekati indeks dengan status rata-rata

Listrik Padam, Kualitas Udara Jakarta Membaik ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Situs AirVisual.com mencatat, Jakarta memiliki perolehan 106 berdasarkan Air Index Quality (AQI) atau indeks kualitas udara.

Meski masih memiliki status kualitas udara tidak sehat untuk kelompok sensitif, namun indeks ini mendekati indeks kualitas udara dengan status rata-rata.

2. Faktor penyebab menurunnya angka indeks kualitas udara Jakarta

Listrik Padam, Kualitas Udara Jakarta Membaik IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Berkurangnya aktivitas penghasil polusi tidak bergerak diperkirakan menjadi salah satu faktor turunnya angka indeks kualitas udara tersebut.

Dilansir Antara, sebelumnya pada Minggu pagi, Ibu Kota Jakarta menempati posisi kedua untuk kualitas udara terburuk di dunia dengan AQI 152.

3. Listrik padam sejak Minggu siang

Listrik Padam, Kualitas Udara Jakarta Membaik IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Setelah itu, pada Minggu siang terjadi pemadaman listrik di sejumlah daerah di Pulau Jawa, termasuk Ibu Kota DKI Jakarta karena rusaknya Gas Turbin di Suralaya milik PT PLN, sementara dalam posisi mati dan Gas Turbin Cilegon mengalami gangguan.

Baca Juga: Listrik Padam, Ibu Menyusui Mengungsi ke Hotel Demi ASI Bayi

Topik:

  • Sunariyah
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya