Mahfud MD: Pemerintah Butuh Dukungan Warga untuk Atasi Konten Negatif

Konten negatif menggiring pemikiran salah di masyarakat

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, pemerintah tak bisa bekerja sendiri mengatasi penyebaran ujaran kebencian, konten negatif, dan hoaks di ruang digital. Karena itu, ia mengajak semua pihak untuk ikut terlibat membantu.

Menurut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini, perlu dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak dalam penanganan dan pengelolaan narasi negatif, informasi hoaks, dan konten-konten ekstremisme kekerasan lainnya di ruang digital.

"Oleh karenanya, atas nama Pemerintah Indonesia, saya menyambut baik dan mengapresiasi inisiatif dan upaya bersama yang telah dilakukan Wahid Foundation, Google Indonesia, dan UNDP dengan membangun kapasitas cendekiawan Islam moderat," ujarnya, seperti dilansir ANTARA, Sabtu (2/4/2022).

Baca Juga: Mahfud MD: Indonesia Jalankan Reformasi, Tapi Korupsinya Makin Tinggi

1. Konten negatif menggiring pemikiran dan membangun pemahaman salah di masyarakat

Mahfud MD: Pemerintah Butuh Dukungan Warga untuk Atasi Konten Negatifilustrasi media sosial (IDN Times/Aditya Pratama)

Mahfud mengatakan, dengan kapasitas dan kemampuan yang mumpuni, para cendekiawan tersebut akan menghasilkan dan menyebarkan pesan-pesan damai kepada masyarakat Indonesia.

Dia juga menegaskan bahwa pemerintah terus memberikan perhatian khusus terhadap konten-konten yang memuat ujaran kebencian. Begitu juga dengan konten bersifat misinformasi dan disinformasi, serta bernarasi negatif tanpa berdasarkan pada data dan fakta, yang marak ditemukan di ruang digital.

Konten-konten tersebut, ujarnya, telah menggiring pemikiran dan bahkan membangun pemahaman yang salah di kalangan masyarakat terhadap suatu isu, yang pada akhirnya mengganggu persatuan bangsa dan stabilitas nasional.

"Ketersediaan saluran penyebaran informasi yang timbul akibat perkembangan teknologi informasi, telah merevolusi cara kita berkomunikasi dan cara masyarakat memperoleh sumber-sumber berita," kata Mahfud.

2. Ruang digital jadi sumber informasi masyarakat, tapi kerap abaikan etika

Mahfud MD: Pemerintah Butuh Dukungan Warga untuk Atasi Konten NegatifIlustrasi Media Sosial. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dia menjelaskan, ruang digital telah menjadi sumber informasi bagi masyarakat, namun kerap mengabaikan etika publik, bahkan tak jarang menjadi wadah penyebaran secara luas informasi hoaks dan berbagai konten negatif.

Mahfud yakin hasil karya 10 komunitas Islam moderat yang telah diluncurkan pada 24 Maret 2022 lalu, akan menjadi informasi yang dapat melawan dan menghadapi konten-konten bermuatan ekstremisme kekerasan di ruang digital.

Dia mengatakan pada Wahid Foundation, Google Indonesia, dan UNDP bahwa pemerintah akan terus mendukung upaya bersama tersebut, bahkan ke depan tidak akan berhenti hanya dengan menghasilkan karya-karya positif, tetapi juga memikirkan soal jangkauan agar dapat lebih luas lagi.

"Saya juga berharap kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat madani seperti ini terus diperkuat, dalam menjaga ruang digital yang beragam, toleran, dan damai," ucap Mahfud.

3. Masih banyak ungkapan kebencian di ruang publik

Mahfud MD: Pemerintah Butuh Dukungan Warga untuk Atasi Konten NegatifANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sementara itu, Direktur Wahid Foundation Yenny Wahid juga menyampaikan keprihatinannya atas kondisi ruang publik, yang saat ini banyak diisi oleh hal-hal yang bersifat intoleran.

Padahal, menurutnya, modal bangsa Indonesia sebagai masyarakat heterogen sangat besar untuk bisa mempraktikkan toleransi, karena dari sejak lahir, sudah dikelilingi oleh keberagaman.

"Begitu beragam negara kita, namun sayangnya kita masih melihat bahwa masih banyak ungkapan kebencian. Kadang berdasarkan etnis dan isu agama masih bertebaran di ruangan publik, baik secara fisik, dan sekarang lebih menonjol lagi karena ada media sosial," ujarnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya