Mahfud MD: Pemilu 2024 Tidak Akan Ditunda

Mahfud dorong media untuk sukseskan pelaksanaan Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polkam) Mahfud MD menegaskan, Pemilu 2024 tidak akan ditunda. Pernyataan ini disampaikan Mahfud saat bertemu dengan para pemimpin redaksi media massa di kantornya, di Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Mahfud mengaku, penegasan ini disampaikan setelah beberapa hari sebelumnya dia dipanggil oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk membahas hal tersebut.

Di depan para pemimpin redaksi, Mahfud juga meminta media untuk mendorong suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024.

"Mari kita konsentrasi untuk menyukseskan Pemilu 2024, itu tidak akan kita tunda. Oleh sebab itu, mari semua media yang hadir dorong ke sana semua," pinta Mahfud.

Baca Juga: Tegas! Jokowi Bantah Wacana Tunda Pemilu dan Perpanjang Jabatan 

1. Pemerintah sudah berkoordinasi dengan KPU untuk pelaksanaan Pemilu 2024

Mahfud MD: Pemilu 2024 Tidak Akan DitundaMenkopolhukam RI, Mahfud MD (Twitter.com/mohmahfudmd)

Mahfud mengungkapkan, pemerintah sudah berkoordinasi dengan KPU untuk pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kita akan melaksanakan Pemilu 2024 dan Presiden juga telah menyataan kembali secara terbuka (Pemilu 2024 tidak ditunda)," ujarnya.

Menurut Mahfud, sebenarnya sikap Presiden Jokowi tidak ingin pemilu ditunda terlihat dari tegurannya kepada sejumlah menteri untuk tidak lagi membicarakan tentang perpanjangan masa jabatan presiden dan penundaan pemilu.

"Sebenarnya itu sudah jelas (sikap Presiden), tapi (wacana penundaan pemilu) terus saja berkembang," ucap Mahfud.

2. Jokowi panggil Mahfud karena isu penundaan Pemilu 2024 masih berkembang di masyarakat

Mahfud MD: Pemilu 2024 Tidak Akan DitundaPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Terkait masih berkembangnya isu soal penundaan pemilu di masyarakat meski Presiden menyatakan telah menolak, Mahfud mengungkapkan, Jokowi sampai memanggilnya.

"Akhirnya saya dipanggil sebelum hari Minggu kemarin, 'Pak Menko, penjelasan saya itu apa kurang jelas bahwa saya ingin Pemilu 2024 tidak ditunda, dan saya sudah dari dulu mengatakan itu dan sudah mengingatkan, apakah kurang jelas?'" ujar Mahfud mengutip pernyataan Jokowi kepadanya.

3. Mahfud ingatkan para menteri tidak tepat bicara soal agenda perubahan pemilu

Mahfud MD: Pemilu 2024 Tidak Akan DitundaMenkopolhukam Mahfud MD memberikan sambutan dalam acara silaturahmi bersama para tokoh di Sumut, Kamis (3/7) malam. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Menjawab pertanyaan yang disampaikan Jokowi kepadanya, Mahfud mengatakan, kemungkinan apa yang disampaikan Presiden ditafsirkan berbeda oleh masyarakat.

Dia pun meminta kepada Jokowi untuk menegaskan kembali menolak Pemilu 2024 ditunda.

Pada kesempatan ini, Mahfud juga mengingatkan kepada para menteri, yang meskipun seorang politikus, namun sebagai menteri tidak tepat bicara soal agenda perubahan pemilu.

"Sebagai menteri meskipun politikus, kalau menjabat menteri tetap saja kurang tepat kalau bicara tentang agenda perubahan pemilu," ujarnya.

Baca Juga: Mahfud: Presiden Jokowi Setuju Pemilu Digelar 14 Februari 2024

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya