Mahfud: Semua Tanah di Indonesia Tidak Boleh Dimiliki Asing, Hanya WNI

Pulau sekecil apapun tidak boleh dimiliki pihak asing

Sabang, IDN Times - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menegaskan, pihak luar atau asing tidak boleh memiliki tanah atau pulau di Indonesia, yang boleh hanya warga negara Indonesia (WNI). Hal ini ditegaskan Mahfud di tugu titik O Kilometer Indonesia, di Kota Sabang, Aceh, Rabu 21/12/2022).

"Semua tanah di bumi Indonesia hanya boleh dimiliki oleh warga negara Indonesia. Berdasarkan UU Dasar, bumi, air, dan kekayaan alam dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, yaitu diatur tentang hak penggunaannya. Asing atau pihak lain di luar WNI tak boleh memiliki tanah atau pulau di Indonesia," tegas Mahfud yang juga merupakan Ketua Penagrah Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP).

Baca Juga: Cek Pulau Terluar Indonesia, Mahfud dan Tito Mendarat di Pulau Rondo  

1. Mahfud cek Pulau Rondo

Mahfud: Semua Tanah di Indonesia Tidak Boleh Dimiliki Asing, Hanya WNIMenko Polhukam Mahfud MD berkunjung ke Pulau Rondo (Dok. BNPP)

Mahfud pada Rabu, 20 Desember 20222, mendatangi pulau terluar di ujung barat Indonesia, Pulau Rondo. Mahfud datang bersama Menteri Dalam Negeri yang juga Ketua BNPP Tito Karnavian.

Pulau Rondo merupakan pulau pertama di ujung barat Indonesia dan menjadi beranda depan NKRI. Pulau Rondo berada di Samudera Hindia dan berbatasan dengan India. Pulau ini masuk dalam wilayah administrasi Kelurahan Ujung Ba'u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh.

2. Pulau sekecil apapun tidak boleh dibeli pihak asing

Mahfud: Semua Tanah di Indonesia Tidak Boleh Dimiliki Asing, Hanya WNIPulau Rondo (Dok. BNPP)

Mahfud kembali menegaskan, kehadirannya bersama Mendagri, Ketua Komisi II DPR dan sejumlah petinggi lainnya di tugu titik O Kilometer Sabang untuk menjaga seluruh wilayah Indonesia sebagaimana diamanatkan konstitusi.

"Ini juga sebagai penegasan kembali bahwa seluruh wilayah Indonesia termasuk pulau-pulaunya harus dimanfaatkan agar bisa produktif bagi pembangunan ekonomi terutama, tetapi ada batasan yang tidak boleh sebuah pulau sekecil apapun itu sampai dibeli dan atau dijual kembali oleh pihak asing, atau pemodal asing," tegas Mahfud.

Baca Juga: Mendagri Tito: Kepulauan Widi Tidak Dijual

3. Pemodal asing hanya boleh punya hak usaha

Mahfud: Semua Tanah di Indonesia Tidak Boleh Dimiliki Asing, Hanya WNIMenko Polhukam Mahfud MD berkunjung ke Sabang, Aceh. (IDN Times/Sunariyah)

Seseorang, lanjut Mahfud, boleh punya hak usaha, kemudian boleh dimanfaatkan oleh modal asing, tapi dengan batas-batas tertentu.

"Untuk kegiatan misalnya investasi, sudah ada pembatasan penggunaannya. Intinya tetap, tanah itu sepenuhnya dikuasai oleh negara dan tidak boleh dialihkan dari tangan ke tangan," papar Mahfud yang juga adalah Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya