Perjalanan Sampah Plastik: Dari Minyak Bumi hingga Didaur Ulang

Sampah plastik bisa dimanfaatkan lagi untuk buat barang lain

Jakarta, IDN Times - Di tengah keprihatinan terhadap masalah sampah yang terus menggunung di Indonesia, sejumlah langkah telah dilakukan untuk mengatasinya. Salah satunya adalah melakukan daur ulang (recycle) untuk jenis sampah plastik.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) 2021-2022, volume sampah pada 2022 naik menjadi 70 juta ton, dari sebelumnya 68,5 juta ton pada 2021. Dari jumlah tersebut, 17 persen di antaranya adalah sampah plastik.

Sampah plastik menjadi yang paling banyak disorot karena sulit dihancurkan atau terurai. Butuh waktu puluhan bahkan ratusan tahun agar sampah plastik bisa terurai. Mengapa? Karena ternyata plastik dibuat dari minyak bumi. Minyak bumi dimurnikan menjadi bijih plastik oleh industri petrokimia, kemudian diolah menjadi berbagai jenis kemasan, salah satunya botol plastik.

Perjalanan Sampah Plastik: Dari Minyak Bumi hingga Didaur UlangSampah plastik (IDN Times/M Shakti)

Karena sulit terurai, solusi yang paling memungkinkan untuk mengatasi sampah plastik adalah melakukan daur ulang. Proses daur ulang dimulai dari pemilahan, pencacahan, pencucian, dan proses dekontaminasi, hingga kemudian lahirlah produk plastik yang baru.

Nah, dalam proses pemilahan butuh langkah-langkah yang benar, mulai dari memilah berdasarkan warna, jenis, hingga bersih kotornya sampah plastik tersebut. 

Hingga saat ini, tingkat daur ulang sampah plastik masih sedikit, yakni kurang dari 10 persen. Karena itu, butuh peran serta semua pihak agar jumlahnya terus meningkat sehingga sampah plastik bisa teratasi. Tak terkecuali peran serta produsen yang memproduksi barang dengan kemasan plastik. 

Di Bali, ada sejumlah lembaga yang bergerak dalam pengumpulan sampah plastik, dan kemudian memilah dan mencacahnya, lalu mengirimnya ke pabrik khusus daur ulang plastik. Lembaga-lembaga tersebut di antaranya Bali PET, Bali Waste Cycle (BWC), dan Jaya Abadi Plastik.

Berikut potret pengumpulan, pemilahan, dan pencacahan sampah plastik yang merupakan bagian dalam proses daur ulang sampah plastik menjadi barang atau produk jadi lainnya.  

Baca Juga: Sampah Plastik Indonesia Mengalir hingga ke Seychelles

1. Tahap awal dari proses daur ulang sampah plastik adalah memilah sampah plastik berdasarkan jenisnya. Label atau cap yang menempel di botol plastik juga dilepas

Perjalanan Sampah Plastik: Dari Minyak Bumi hingga Didaur UlangMemilah sampah sebelum didaur ulang (IDN Times/Sunariyah)

2. Sampah botol plastik yang sudah dipilah, dikelompokkan berdasarkan jenisnya

Perjalanan Sampah Plastik: Dari Minyak Bumi hingga Didaur UlangSampah botol plastik yang sudah dipilah untuk didaur ulang (IDN Times/Sunariyah)

3. Bukan hanya sampah botol plastik yang bisa didaur ulang, tapi juga jeriken bekas dan plastik-plastik bekas bungkus atau kemasan makanan yang dikelompokkan dalam jenis MLP (multi layer plastic atau plastik multilayer) seperti bungkus snack

Perjalanan Sampah Plastik: Dari Minyak Bumi hingga Didaur UlangSampah plastik yang sudah dipress (IDN Times/Sunariyah)

4. Sampah plastik jenis MLP (multi layer plastic atau plastik multilayer) yang sudah dipres, siap dicacah untuk selanjutnya didaur ulang

Perjalanan Sampah Plastik: Dari Minyak Bumi hingga Didaur UlangSampah plastik jenis MLP yang sudah dipres untuk didaur ulang (IDN Times/Sunariyah)

5. Proses pencacahan sampah botol plastik setelah terlebih dulu dikelompokkan sesuai jenisnya

Perjalanan Sampah Plastik: Dari Minyak Bumi hingga Didaur UlangProses awal untuk daur ulang sampah (IDN Times/Sunariyah)

6. Hasil pencacahan sampah botol plastik dalam ukuran kecil, yang kemudian dimasukkan dalam karung dan timbang. Selanjutnya siap dikirim ke pabrik daur ulang

Perjalanan Sampah Plastik: Dari Minyak Bumi hingga Didaur UlangSampah botol plastik yang sudah dicacah untuk daur ulang (IDN Times/Sunariyah)

7. Salah satu tempat pengumpulan dan pencacahan sampah botol plastik di Bali yang bernama Bali Pet

Perjalanan Sampah Plastik: Dari Minyak Bumi hingga Didaur UlangSalah satu tempat pengumpulan sampah plastik di Bali bernama Bali Pet (IDN Times/Sunariyah)

Baca Juga: Kelola Sampah Terpadu, Wujudkan Zero Waste Ciptakan Peluang Ekonomi

8. Botol plastik berasal dari minyak bumi yang dimurnikan menjadi bijih plastik oleh industrii pertokimia

Perjalanan Sampah Plastik: Dari Minyak Bumi hingga Didaur UlangPerjalanan sampah plastik, dari minyak bumi menjadi botol plastik (IDN Times/Sunariyah)

9. Hasil daur ulang sampah plastik, di antaranya ada yang dibuat menjadi pot bunga, gantungan baju, dan tali rapia

Perjalanan Sampah Plastik: Dari Minyak Bumi hingga Didaur UlangHasil daur ulang sampah plastik (IDN Times/Sunariyah)

10. Sampah plastik dunia saat ini

Perjalanan Sampah Plastik: Dari Minyak Bumi hingga Didaur UlangIDN Times/M Shakti

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya