PKB Buka Peluang Pasangkan Prabowo-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024 

PKB sebut selalu jadi penentu kemenangan

Jakarta, IDN Times - Partai Gerindra memastikan akan kembali mengusung ketua umumnya, Prabowo Subianto, sebagai calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Terkait hal ini, Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Jazilul Fawaid mengatakan, partainya menyambut baik kemungkinan Prabowo maju lagi.

Bahkan, kata Jazilul, partainya membuka peluang memasangkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dengan Prabowo di Pilpres 2024.

"Pasangan Muhaimin–Prabowo mungkin atau Prabowo–Muhaimin dapat saja terjadi. Yang penting dapat merebut hati rakyat dan menang menerima amanat," kata Jazilul Fawaid atau Gus Jazil di Jakarta, seperti dilansir ANTARA, Selasa (12/10/2021).

Baca Juga: Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar Belum Lapor Harta Kekayaan

1. Jazilul sebut PKB selalu jadi penentu kemenangan

PKB Buka Peluang Pasangkan Prabowo-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024 Ketum PKB Muhaimin Iskandar bagikan bantuan ke masyarakat (Dok.PKB)

Jazilul mengatakan, sebagai partai moderat PKB bisa membuka komunikasi dengan partai politik manapun.

Selama ini, lanjutnya, PKB terus menjalin komunikasi dengan parpol-parpol lain, dan PKB cukup bisa diterima dengan baik, bahkan selama ini selalu menjadi penentu kemenangan.

"Terbuka koalisi PKB dengan Gerindra, namun pelan-pelan harus disusun agenda dan figur yang diharapkan rakyat," ujarnya.

2. Majunya kembali Prabowo membuat arah politik semakin terpetakan

PKB Buka Peluang Pasangkan Prabowo-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024 IDN Times/Irfan Fathurohman

Menurut Jazilul, kepastian akan majunya kembali Prabowo sebagai capres untuk ketiga kalinya, membuat arah politik semakin terpetakan.

"PKB senang kalau Pak Prabowo mencalonkan diri lagi. Setidaknya kami dapat mengukur keadaan dari pengalaman yang lalu," katanya.

3. PKB buka semua kemungkinan untuk berkomunikasi dengan parpol lain

PKB Buka Peluang Pasangkan Prabowo-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024 IDN Times/Ahmad Mustaqim

Mengenai wacana mengusung Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar sebagai capres, dia menyebutkan, memang benar ada keinginan dari para kader dan pengurus DPC maupun DPW untuk mengusung Muhaimin sebagai capres di Pilpres 2024.

Namun, kata dia, secara kebijakan partai belum ada keputusan final karena PKB tidak mungkin mengusung capres sendiri tanpa berkoalisi dengan parpol lain.

Karena itu, lanjutnya, PKB membuka semua kemungkinan untuk berkomunikasi dengan parpol lain, termasuk nantinya untuk membicarakan pasangan capres maupun cawapres.

Baca Juga: Targetkan PKB Juara 2, Muhaimin: Kita Harus Menangkan Pemilu 2024

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya