Comscore Tracker

Rentetan Gempa Mengguncang Papua dan Maluku Hari Ini

Gempa 7,4 magnitudo guncang Maluku tak lama setelah Papua

Jakarta, IDN Times - Rentetan gempa melanda beberapa wilayah di Tanah Air, Senin (24/6) pagi. Tercatat ada dua gempa besar yang melanda wilayah bagian timur Indonesia.

Gempa pertama terjadi di Kabupaten Mamberamo Raya, Papua. Gempa berkekuatan 6.0 magnitudo mengguncang wilayah ini pada pukul 08.05 WIB. Tak berapa lama, gempa dengan kekuatan lebih besar mengguncang Maluku.

Baca Juga: [BREAKING] BMKG Ralat Gempa 7,7 di Maluku Tenggara Barat Jadi 7,4 SR

1. Gempa 6,0 magnitudo terjadi pukul 08.05 WIB di Mamberamo Papua

Rentetan Gempa Mengguncang Papua dan Maluku Hari IniIDN Times/Arief Rahmat

Gempa 6,0 magnitudo mengguncang Kabupaten Mamberamo Raya, Papua, pada Senin (24/6) pukul 08.05 WIB. Pusat gempa berada di darat, tepatnya di 2,49 Lintang Selatan, 138,74 Bujur Timur atau 48 km tenggara Mamberemo Tengah. Gempa terjadi di kedalaman 15 km dan dirasakan di Jayapura hingga Wamena.

Kemudian pada pukul 09.43 WIB, gempa kembali mengguncang wilayah Mamberamo dengan kekuatan 5,1 magnitudo. Lokasi gempa berada di 2.47 Lintang Selatan, 138.66 Bujur Timur atau 39 km Tenggara Mamberamo Tengah, dengan kedalaman 29 km.

Dalam akun Twitter resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) disebutkan gempa tidak berpotensi tsunami.

Pada siang hari pukul 12.15 WIB, gempa kembali mengguncang Mamberamo dengan kekuatan 5,2 magnitudo.

2. Gempa 7,4 magnitudo mengguncang Maluku pukul 09.53 WIB

Rentetan Gempa Mengguncang Papua dan Maluku Hari IniIDN Times/Arief Rahmat

Gempa bumi berkekuatan 7,7 magnitudo, kemudian diperbarui menjadi 7,4 magnitudo, mengguncang Maluku pada pukul 09.53 WIB. Berdasarkan informasi dari BMKG, pusat gempa Maluku berada di kedalaman 231 kilometer, di 6.51 Lintang Selatan dan 129.27 Bujur Timur. Selain itu, gempa berada pada 245 km Timur Laut Maluku Barat Daya. BMKG menyebut, gempa tidak berpotensi tsunami. 

3. Warga berhamburan keluar rumah saat gempa mengguncang Mamberamo

Rentetan Gempa Mengguncang Papua dan Maluku Hari IniIDN Times/Arief Rahmat

Berdasarkan informasi Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Mamberamo Raya, merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yaitu sistem Sesar Yapen.

Seperti dilansir kantor berita Antara, Senin (24/6), hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi dipicu penyesaran miring, yang merupakan kombinasi antara pergerakan mendatar dan naik (oblique-thrust).

Guncangan gempa dilaporkan dirasakan di Sarmi III-IV MMI, Jayapura II-III MMI di Jayapura, dan Wamena II MMI.

Akibat gempa ini, warga berhamburan keluar rumah. Namun, hingga kini belum ada laporan adanya kerusakan maupun korban akibat gempa ini.

4. Gempa Maluku terjadi akibat aktivitas subduksi Laut Banda

Rentetan Gempa Mengguncang Papua dan Maluku Hari IniIDN Times/Sunariyah

Gempa di Maluku berpusat di Laut Banda atau berjarak 245 kilometer Barat Laut Maluku Barat Daya. Disebutkan, gempa terjadi akibat dari aktivitas subduksi Laut Banda.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono menyatakan, gempa tersebut dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan geser (strike-slip fault).

Dari hasil analisa BMKG, kekuatan gempa yang dimutakhirkan menjadi magnitudo 7,4 itu berlokasi di laut pada jarak 289 km arah Barat laut Kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Propinsi Maluku pada kedalaman 220 km.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Papua, Begini Penjelasan BMKG

Topic:

  • Sunariyah

Just For You