Reuni 212 Bubar, Peserta Serbu Gedung Sekitar Monas Cari Toilet

Peserta Reuni 212 minta izin masuk ke sejumlah gedung.

Jakarta, IDN Times - Memasuki siang hari, massa peserta Reuni 212 mulai bubar meninggalkan lokasi acara di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Selama berlangsungnya acara, muncul berbagai cerita. Salah satunya soal toilet umum. 

Di lapangan dan Silang Monas, toilet umum memang cukup sulit untuk ditemui karena hanya terdapat di titik-titik tertentu. 

Jumlahnya toilet yang terbatas, membuat peserta Reuni 212 kesulitan untuk buang air kecil. Akibatnya, banyak dari mereka menyerbu beberapa gedung di sekitar kawasan Monas termasuk Wisma ANTARA, di Jalan Medan Merdeka Selatan, persis di samping Kantor Kementerian ESDM, yang juga menjadi tempat kantor Berita ANTARA berkantor. 

Para peserta Reuni 212 itu meminta izin masuk ke dalam sejumlah gedung yang berada di seputar kawasan Monas Jakarta, Minggu (2/12).

"Saya menunggu teman saya yang antre toilet sudah satu jam lebih, ini tasnya di samping saya dia belum kembali sampai sekarang," kata Estri, peserta Reuni 212 asal Bintaro, Jakarta Selatan, seperti dilansir Antara.

Ia menjadi salah satu peserta yang kesulitan mendapatkan toilet, karena di beberapa titik yang disediakan antreannya panjang. Ia dan rekannya akhirnya meminta izin masuk ke Wisma ANTARA untuk mengakses toilet.

Estri mengaku akan segera pulang setelah mengikuti rangkaian acara pagi karena harus memasak untuk keluarganya. "Saya alhamdulillah dapat subuhan di sini, sekarang mau pulang, saya harus masak," katanya.

Terpantau, sejak pagi hingga menjelang siang, antrean ke toilet di Wisma ANTARA mengular panjang, bahkan tidak hanya di lantai bawah tanah, tapi sampai beberapa lantai di atasnya.

Meski dijaga ketat akses masuk ke dalam gedung, namun manajemen Wisma ANTARA membuka akses toilet di beberapa lantai arena parkirnya.

Petugas keamanan Wisma ANTARA, Sunardi mengatakan, sudah ratusan orang peserta Reuni 212 yang meminta izin masuk gedung untuk mengakses toilet. "Mereka boleh masuk, sudah atas perintah komandan, asal tertib dan mau antri," katanya.

Baca Juga: [LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya